Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Kolaka Timur

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Sabtu, 01 April 2023
0 dilihat
Rekomendasi Tempat Wisata di Kabupaten Kolaka Timur
Air terjun Tetewa yang merupakan salah satu destinasi yang terkenal di Kabupaten Kolaka Timur. Foto: Ist.

" Kolaka Timur dikenal memiliki kekayaan alam yang begitu memesona dan juga pemandangan alam yang indah "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Sektor Pariwisata merupakan sektor yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Selain untuk memanjakan mata, sektor Pariwisata juga sebagai tempat refreshing dan menghilangkan beban fikiran.

Menikmati indahnya obyek wisata alam merupakan suatu kebahagian tersendiri buat kita. Kolaka Timur dikenal memiliki kekayaan alam yang begitu memesona dan juga pemandangan alam yang indah. Sangat disayangkan jika tidak mengunjungi dan melihat sendiri keindahan yang ada di Kolaka Timur.

Selain itu, Kolaka Timur menjadi salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara yang tidak bisa dieksplor hanya satu atau dua hari karena menyimpan beragam destinasi wisata yang memukau.

Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kolaka Timur, Soelwan Sovian mengatakan, potensi destinasi wisata di wilayah tersebut cukup banyak.

Namun dibutuhkan beberapa hal dalam meningkatkan destinasi tersebut, baik secara organisasi, administrasi, pendanaan maupun dukungan dari masyarakat.

“Potensi destinasi pariwisata di Kabupaten Kolaka Timur luar biasa banyak, tinggal pemahaman seluruh stakeholder dan masyarakat dalam memberdayakannya,” kata Soelwan.

Untuk itu, bagi wisatawan yang ingin liburan panjang, sebaiknya mengunjungi beberapa rekomendasi tempat wisata yang indah dan menarik di Kolaka Timur.

Di sini Telisik.id akan mengulas beberapa rekomendasi Destinasi Wisata yang ada di Kabupaten Kolaka Timur.

1. Air Terjun Tetewa

Air terjun Tetewa yang merupakan salah satu destinasi yang terkenal di Kabupaten Kolaka Timur. Foto: Ist.

 

Air terjun Tetewa merupakan salah satu destinasi wisata air yang dimiliki Kabupaten Kolaka Timur. Air Terjun ini sangat indah dan memanjakan mata para wisatawan yang ingin liburan.

Bagaimana tidak, air terjun ini sangat sering dikunjungi ketika weekend oleh para wisatawan. Untuk ke air terjun ini, kita bisa menempuh waktu 3 jam dari Kecamatan Mowewe.

Baca Juga: Puncak Mowewe Kolaka Timur Spot Indah untuk Lepas Penat di Tengah Perjalanan

Walau akses yang masih kurang memadai, namun ketika tiba di destinasi ini, semua penat dan rasa lelah akan terbayarkan dengan keindahan air terjun Tetewa.

2. Air Terjun Titian Asosowu

Air terjun Titian Asosowu yang memliki keunikan tersendiri dimana air terjun ini tak terhingga banyaknya. Foto:Ist.

 

Destinasi wisata air terjun Titian Asosowu memliki keunikan tersendiri dimana air terjun yang tak terhingga banyaknya di sepanjang aliran sungai dan di dalamnya terdapat hutan yang terpelihara keasriannya.

Lokasi air terjun ini berada dictengah hutan tepatnya di Puncak Latopa. Jika dari jalan poros menuju kantor Desa Likuwalanapo, kita melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih sekitar 1 km dengan menuruni tebing.

Air terjun Titian Asosowu merupakan air terjun yang berasal dari danau yang masuk ke dalam tanah lalu muncul di hulu sungai Titian Asosowu.

Ada banyak keindahan yang akan membuat wisatawan menjadi betah. Bentuk air terjun ini melebar dan bertingkat. Bentuk ini memberi satu pemandangan langka yang juga jarang didapatkan di air terjun lainnya. Tak hanya itu, karena ada di sebuah hutan suaka alam, ada banyak satwa yang juga masih sangat alami.

Panjang air terjun ini sekitar 20 km. Jarak menuju air terjun ini dari pusat kota sekitar 4 jam dan melewati Kecamatan Mowewe. Air Terjun ini tak terlalu jauh dengan Air Terjun Tetewa yang ada di Ueesi.

3. Goa Sorongga

Goa Sorongga, destinasi wisata yang dapat memacu adrenalin. Foto: Ist.

 

Goa Sorongga terletak di pegunungan Desa Likuwalanapo, jarak yang ditempuh untuk bisa masuk ke sini berkisar 20 menit dengan berjalan kaki dari jalan poros desa menuju ke pegunungan dengan menyusuri tebing.

Daya tarik yang diberikan Goa Sorongga sungguh unik untuk kita datangi. Di sekitar gua terdapat banyak peti mati yang terbuat dari kayu yang sudah ada sejak dahulu. Di bagian dalam akan dijumpai tengkorak dan tulang belulang manusia yang telah lapuk dimakan usia.

Goa ini dulunya dijadikan sebuah makam oleh penduduk asli desa, kuburan goa ini hampir mirip dengan kuburan yang berada di Tanah Toraja.

4. Puncak Sorombipi

Destinasi alam puncak Sorombipi yang terletak di pegunungan Kecamatan Tirawuta tepatnya di belakang kantor Bupati Kolaka Timur. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Puncak Sorombipi merupakan destinasi wisata pengunungan yang terletak di Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur.

Destinasi ini banyak dikunjungi para wisatawan karena keindahan pengunungan dan pemandangannya yang begitu indah dan mampu memanjakan mata.

Puncak Sorombipi juga menyiapkan berbagai macam spot foto yang bisa digunakan para wisatawan untuk mengabadikan momen.

Namun saat ini puncak Sorombipi dalam tahap pembenahan agar terlihat lebih indah dan bagus. Destinasi ini bisa ditempuh dengan waktu 10 menit dari pusat kota Kolaka Timur, tepatnya berada di belakang Kantor Bupati Kolaka Timur.

5. Puncak Alamo

Puncak Alamo menawarkan pemandangan alam yang begitu indah dan sering digunakan para wisatawan sebagai tempat singgah perjalanan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

 

Puncak Alamo merupakan destinasi wisata pengunungan di Kecamatan Lalolae, Kabupaten Kolaka Timur.

Baca Juga: Pesona Sulawesi Tenggara Wisata Alam Mata Air Fotunorete

Destinasi ini menawarkan pemandangan yang begitu indah. Banyak wisatawan yang sering mengunjugi destinasi ini dikarenakan aksesnya yang terjangkau.

Destinasi ini juga sering digunakan wisatawan untuk camp dan acara musik. Di sini juga menyiapkan berbagai macam spot foto dan disiapkan pula gazebo untuk istirahat para wisatawan. Wisata ini bisa ditempuh dari ibu kota kabupaten dengan waktu 30 menit.

6. Bendungan Ladongi

Potret wisata Bendungan Ladongi yang saat ini belum dibuka untuk umum karena masih dalam perbaikan. Foto: Ist.

 

Bendungan Ladongi adalah destinasi wisata yang ada di Kecamatan Ladongi, Kabupaten Kolaka Timur.

Bendungan Ladongi diresmikan langsung Presiden Republik Indonesia Ir. Joko widodo beberapa tahun lalu.

Bendungan Ladongi banyak dikunjungi masyarakat karena pemandangannya yang begitu indah serta bagus untuk berswafoto dan mengabadikan momen indah bersama keluarga, sahabat maupun teman.

Bendungan Ladongi tidak terlalu jauh dari pusat ibu kota Kolaka Timur. Jaraknya hanya sekitar 20 menit dari Kecamatan Tirawuta dan akses kesanapun sangat bagus, apalagi jalannya sudah diperbaiki.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kolaka Timur, Nyoman Abdi menuturkan, pemberdayaan tempat wisata di Kabupaten Kolaka Timur saat ini menjadi perioritas.

"Saat ini Pemkab Kolaka Timur telah memperbaiki dan selalu mengekspose wisata yang ada di Kabupaten Kolaka Timur," ungkapnya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga