Remaja Disabilitas Buka Piala Dunia Qatar dengan Ayat Suci Al-Qur'an

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Senin, 21 November 2022
0 dilihat
Remaja Disabilitas Buka Piala Dunia Qatar dengan Ayat Suci Al-Qur'an
Ghanim Al-Muftah seorang youtuber asal Qatar, membuka Piala Dunia dengan ayat suci Al-Qur'an. Foto: Repro AP

" Ghanim Al-Muftah turut membacakan sepotong ayat suci Al-Qur'an, membuat suasana menjadi lebih khidmat "

QATAR, TELISIK.ID - Salah seorang youtuber asal Qatar, Ghanim Al-Muftah berhasil mencuri perhatian dalam acara pembukaan Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar, Minggu (20/11/2022) malam.

Ghanim Al-Muftah turut membacakan sepotong ayat suci Al-Qur'an, membuat suasana menjadi lebih khidmat.

Melansir Kumparan.com, Ghanim merupakan bocah tanpa kaki yang ditunjuk untuk menjadi Duta Piala Dunia 2022 alias brand ambassador untuk ajang yang dihelat di Qatar ini. FIFA dan sejumlah pihak meyakini bahwa ia adalah sosok inspiratif.

Ghanim Al-Muftah lahir pada 5 Mei 2002 dengan kondisi langka yang dikenal sebagai Caudal Regression Syndrome (CDS). Itu adalah penyakit yang menyebabkan pasien terlahir tanpa bagian bawah tubuh. Alhasil, ia membutuhkan kursi roda dalam beraktivitas.

Namun, alih-alih membiarkan kondisi itu menghambat hidupnya, Ghanim telah belajar mengatasi rintangan. Dalam beberapa situasi, ia bisa beraktivitas tanpa kursi roda.

Baca Juga: Ulama Kontroversial Zakir Naik Beri Ceramah Selama Turnamen Piala Dunia 2022 Qatar

Ya, Ghanim bisa berpartisipasi dalam olahraga ekstrem seperti scuba diving, skateboard, dan panjat tebing. Itulah kenapa ia dianggap sebagai sosok inspiratif.

Melansir Bisnis.com, dia saat ini sedang mengejar gelarnya di perguruan tinggi, di jurusan ilmu politik dengan tujuan utama menjadi seorang diplomat.

Meskipun mengalami kelainan dengan kondisi tubuhnya, Ghanim dikenal menikmati berbagai aktivitas olahraga ekstrem seperti scuba diving, skateboard, dan panjat tebing.

“Olahraga memiliki kemampuan unik untuk menyatukan negara dan membantu mereka dalam hubungan internasional mereka, mereka juga berfungsi sebagai kohesi sosial yang vital,” ujarnya seperti dikutip dari laman resminya.

Baca Juga: 3 Fakta Hilangnya Kapal Selam Rusia yang Bikin Nato Ketakutan

Di media sosialnya, Ghanim memiliki 816.000 subscriber di akun Youtube-nya, 3,1 juta follower di Instagram dan lebih dari 400 juta pemirsa di akun Snapchat-nya.

Berdasarkan laman resmi FIFA, Ghanem Al-Muftah ditunjuk sebagai Duta Niat Baik di Piala Dunia 2022.

Selain Ghanim, pembukaan Piala Dunia 2022 dimeriahkan oleh sejumlah artis kenamaan dunia. Bintang Korea Selatan, Jung Kook dan penyanyi Qatar Fahad Al-Kubaisi untuk membawakan Dreamers. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga