Resah Kutu Rambut dan Telurnya di Kepala Anda? Ini 4 Cara Menghilangkan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 19 Agustus 2021
0 dilihat
Resah Kutu Rambut dan Telurnya di Kepala Anda? Ini 4 Cara Menghilangkan
Semua orang bisa terkena kutu rambut, karena penyakit ini mudah sekali menular. Foto: Repro halodoc.com

" Kutu rambut adalah parasit kecil yang ditemukan di kulit kepala dan mempunyai kemampuan untuk mengisap darah di kepala. Dalam Bahasa medis disebut pediculosis "

KENDARI, TELISIK.ID - Semua orang bisa terkena kutu rambut, karena penyakit ini mudah sekali menular.

Kendati demikian, Anda jangan terlalu khawatir. Ada berbagai cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya, baik dengan cara alami maupun dengan pengobatan medis.

Dilansir dari halodoc.com, kutu rambut adalah parasit kecil yang ditemukan di kulit kepala dan mempunyai kemampuan untuk mengisap darah di kepala. Dalam Bahasa medis disebut pediculosis.

Pedikulosis merupakan penyakit yang sangat umum dengan estimasi jumlah kasus sebanyak 6-12 juta per tahun.

Kutu rambut dapat bertelur di kepala manusia dan biasanya akan berada di bagian rambut yang berdekatan dengan kulit kepala. Gangguan ini hanya terjadi pada manusia dan dapat menular pada manusia lain.

Kutu rambut umumnya menyerang anak-anak pada usia sekolah, tetapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa yang tinggal serumah dengan anak tersebut untuk terserang penyakit kutu ini.

Seseorang yang terjangkit kutu rambut ini akan merasakan gatal-gatal pada kulit kepala, kuping, dan juga leher. Gatal ini timbul karena air liur kutu yang dapat menimbulkan reaksi alergi di kulit kepala.

Kutu ini memiliki enam kaki dan ukurannya hanya sebesar biji wijen dan memiliki warna sama dengan rambut.

Kutu kepala dapat menyebar ketika seseorang menggaruk kepala atau rambut bersentuhan dengan suatu benda, seperti sisir, topi, bantal, dan handuk. Telur-telur dari kutu kepala ini akan berwarna putih dan terlihat seperti ketombe tetapi sulit untuk dikeluarkan.

Cara utama untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya adalah dengan menggunakan sisir serit. Sisir serit merupakan sisir bergigi halus dan rapat yang memang dibuat khusus untuk membersihkan kutu rambut.

Selain itu, dikutip dari alodokter.com, Anda juga bisa menggunakan bermacam-macam bahan untuk membantu memerangkap kutu pada sisir serit, seperti:

1. Kondisioner

Mengoleskan kondisioner pada rambut lalu menyisirnya dengan sisir serit merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya.

Cara ini juga mudah dilakukan, dan berikut adalah langkahnya:

- Cuci rambut dengan sampo hingga bersih.

- Oleskan kondisioner pada seluruh permukaan rambut dan kulit kepala.

- Sisir rambut selagi basah menggunakan sisir serit, mulai dari akar hingga ujung rambut.

- Bersihkan kutu, telur, atau kotoran yang terperangkap pada sisir serit dengan memasukannya ke dalam wadah berisi air hangat.

- Lakukan penyisiran basah ini secara rutin, yaitu 2?3 kali seminggu, hingga kutu rambut dan telurnya benar-benar hilang.

2. Minyak zaitun atau minyak almond

Menyisir rambut dengan sisir serit yang dioleskan minyak zaitun atau minyak almond juga bisa Anda jadikan cara untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Berikut adalah langkahnya:

- Oleskan minyak zaitun atau minyak almond pada rambut.

- Pisahkan dan jepit rambut menjadi beberapa bagian.

- Sisir setiap bagian rambut menggunakan sisir serit, mulai dari akar rambut hingga ujungnya.

- Bersihkan kutu, telur, atau kotoran yang terperangkap pada sisir serit dengan memasukannya ke dalam wadah berisi air hangat.

- Setelah selesai menyisir rambut, cucilah rambut dengan sampo hingga bersih.

- Ulangi cara ini setiap hari hingga kutu rambut dan telurnya benar-benar hilang sepenuhnya.

3. Minyak esensial

Sejumlah minyak esensial telah terbukti efektif untuk membantu mengatasi kutu rambut dan telurnya. Contohnya adalah tea tree oil, minyak lavender, minyak nimba, minyak cengkeh, minyak kayu putih, minyak mentol, minyak kayu manis, dan minyak pala.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan saat hendak menggunakan minyak esensial untuk membasmi kutu rambut dan telurnya:

- Campurkan 4 sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa dengan 15–20 tetes minyak esensial.

- Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan seluruh permukaan rambut, lalu diamkan selama 12–24 jam. Jika Anda ingin mengoleskannya di malam hari sebelum tidur, Anda bisa menggunakan shower cap.

- Setelah didiamkan, sisirlah rambut mulai dari akar rambut hingga ujung rambut dengan sisir serit.

- Bersihkan kutu, telur, atau kotoran rambut yang terperangkap pada sisir serit dengan memasukannya ke dalam wadah berisi air hangat.

- Cuci rambut dengan sampo hingga bersih.

- Lakukan cara ini hingga rambut Anda bebas dari kutu dan telurnya.

Baca Juga: Tanda Anda Mengalami Tekanan Batin dan Tips Mengatasinya

Baca Juga: 5 Cara Mudah Atasi Bau Mulut Akibat Menggunakan Masker

4. Obat kutu

Menghilangkan kutu dan telurnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat kutu yang bisa Anda beli secara bebas tanpa resep dokter, baik di apotek atau supermarket. Obat kutu ini umumnya tersedia dalam bentuk losion atau semprotan.

Untuk mengatasi kutu dan telurnya dengan obat, ikutilah petunjuk penggunaan yang tertera pada label kemasan obat. Namun, selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan obat kutu, antara lain:

- Hindari menggunakan kondisioner sebelum menggunakan obat kutu.

- Gunakan sisir serit untuk membersihkan kutu dan telurnya dari rambut setelah 8–12 jam penggunaan obat kutu.

- Hindari mencuci rambut selama 1–2 hari setelah menggunakan obat kutu.

- Apabila setelah 2 hari penggunaan obat, kutu terlihat masih aktif dan tidak mati, ini berarti obat yang Anda gunakan tidak bekerja dengan baik. Jika demikian, konsultasikan hal tersebut dengan dokter.

- Dokter mungkin akan meresepkan obat antiparasit untuk mengatasi infeksi kutu, seperti ivermectin, permethrin, spinosad, atau malathion.

- Sebaliknya, jika setelah 3 minggu perawatan, baik dengan pengobatan alami maupun medis, sudah tidak terlihat kutu yang hidup, itu artinya Anda sudah sembuh dari infeksi kutu rambut. Walau terkadang cangkang telur kutu masih tertinggal, lama-kelamaan cangkang telur tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Perlu diingat bahwa kutu rambut sangat mudah menular. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa kutu rambut dan telurnya sudah terbasmi tuntas dan mencegahnya agar tidak kembali lagi, orang yang tinggal sekamar atau serumah dengan Anda juga perlu melakukan langkah-langkah di atas untuk menghilangkan kutu rambut. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga