Resep dan Cara Mudah Memasak Bubur Kacang Hijau

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 03 November 2020
0 dilihat
Resep dan Cara Mudah Memasak Bubur Kacang Hijau
Bubur kacang hijau sebagai jajanan tradisional yang enak disantap semua kalangan. Foto: Repro Shutterstock

" Jadi kacang hijau ini mesti direndam dulu. Selain memisahkan mana yang busuk dan bagus, juga biar nanti saat dimasak tidak terlalu lama menunggu kacangnya lembek. "

KENDARI, TELISIK.ID - Siapa yang tidak kenal dengan bubur kacang hijau? Makanan yang memiliki rasa manis ini, sudah lama dikenal sebagai jajanan tradisional di Indonesia.

Jika dulunya hanya sebagai makanan penutup, sekarang makanan ini juga bisa dihidangkan sebagai camilan untuk menemani waktu santai. Sehingga bubur kacang hijau dapat dinikmati kapan saja, baik cuaca dingin maupun panas.

Diketahui, bahan utama dari jajanan tradisional ini yaitu kacang hijau. Bahan satu ini diyakini memiliki banyak manfaat karena mengandung protein, zat besi, vitamin dan folat sehingga bisa disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil.

Lantas, bagaimana cara membuat bubur kacang hijau? Berikut penjelasan salah satu pelaku usaha kuliner Kota Kendari, Ibu Yuli.

Menurut Ibu Yuli, sebelum masuk dalam tahap pembuatannya, ada lebih baiknya memilih kacang hijau yang layak untuk dimasak dengan melihat warnanya yang hijau bersih.

Baca juga: SIM Hilang Tidak Harus Bikin Baru, Cukup Lakukan Ini

Kemudian, rendam kacang hijau tersebut ke dalam baskom berisi air bersih. Setelah melalui proses perendaman selama kurang lebih 4-5 jam, maka akan kelihatan kacang yang sudah busuk akan mengambang ke permukaan air sehingga mudah untuk dipisahkan.

"Jadi kacang hijau ini mesti direndam dulu. Selain memisahkan mana yang busuk dan bagus, juga biar nanti saat dimasak tidak terlalu lama menunggu kacangnya lembek," katanya kepada Telisik.id, Selasa (3/11/2020).

Setelah semuanya sudah dipisahkan, baru masuk pada tahap pembuatan bubur kacang hijau.

Perlu diingat, selama proses memasak bubur kacang hijau, hindari pemakaian api yang terlalu kecil atau terlalu besar. Gunakan api sedang saja dan pastikan panas kompor stabil atau tidak berganti-ganti. Jika berganti-ganti akan mengubah tekstur dari bubur kacang hijau.

Baca juga: 5 Makanan Ini Bisa Cegah Kehamilan Secara Alami

"Bahan-bahannya cukup mudah didapat, diantaranya gula merah, kelapa parut untuk dibuat santan, gula pasir, garam dan kacang hijau itu sendiri. Tapi, kalau ingin tambahan penyedap, bisa juga kasi kayu manis atau jahe dan daun pandan," ujarnya.

Namun untuk pemula, bisa mencampur bahan-bahan tersebut dengan takaran tertentu, yaitu 100 gr kacang hijau, 65 ml santan instan, selembar daun pandan, gula pasir sesuai selera, sedikit garam, jahe sesuai selera dan 650 ml air.

Adapun cara membuatnya cukup mudah. Kacang hijau yang sudah direndam dan dibuang yang busuk, ditiriskan.

Setelah itu, masak air sampai mendidih, lalu masukkan kacang hijau yang sudah ditiris. Kemudian masukan daun pandan dan jahe, dan masak sekitar 5 menit dan matikan api kompornya. Diamkan sekitar 10 menit.

Kemudian, nyalakan kembali dan campurkan santan instan beserta gula pasir dan gula merah sampai semuanya benar-benar masak. Jika semuanya sudah pas, matikan api dan bubur kacang hijau siap disajikan. (B)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga