Resep Jamu Kunyit Asem Segar Nan Sehat Ala Dokter Zaidul Akbar

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 07 Desember 2023
0 dilihat
Resep Jamu Kunyit Asem Segar Nan Sehat Ala Dokter Zaidul Akbar
Resep jamu sehat nan segar ala dr Zaidul Akbar ini bisa Anda terapkan di rumah sebagai minuman kesehatan Anda. Foto: Cookpad.com

" Zaidul Akbar terkenal sebagai dokter spesialis obat-obatan alami, ia punya banyak ramuan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan. Termasuk ramuan yang dapat menyeimbangkan tubuh agar terhindar dari kolesterol dan asam urat "

KENDARI, TELISIK.ID - Zaidul Akbar terkenal sebagai dokter spesialis obat-obatan alami, ia punya banyak ramuan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan. Termasuk ramuan yang dapat menyeimbangkan tubuh agar terhindar dari kolesterol dan asam urat.

Ia menghimbau untuk tak langsung mengandalkan obat kimia untuk menurunkan kolesterol dan asam urat. Zaidul Akbar punya racikan herbal yang bisa menyeimbangkan tubuh agar terhindar dari kolesterol dan asam urat.

"Ketika Anda minum ini sebenarnya bukan cuman dapat manfaat asam urat kolesterol bukan. You are balancing your body, Anda sedang menyeimbangkan tubuh anda itu kata kuncinya," kata dr Zaidul Akabr seperti dikutip Serambinews.com.

Berikut resep jamu sehat ala dr Zaidul Akbar di antaranya:

Baca Juga: Intip Resep Serba Ayam Ala Drakor

Bahan:

Kunyit 1 ruas jari

Jeruk nipis setengah potong

Madu 3 sendok makan

Asam jawa secukupnya

Cara membuat:

1. Masukkan kunyit yang telah dipotong-potong ke dalam gelas, lalu tunggu beberapa jam. Lalu tambahkan jeruk nipis.

2. Kemudian tambahkan madu ke dalam gelas, lalu tambahkan asam jawa. Terakhir, minuman ini siap disajikan dan dikonsumsi.

Sementara itu, Anda juga bisa membuat resep jamu kunyit asam segar dengan bahan berikut seperti dilansir dari Cookpad.com:

Bahan:

3 liter air (untuk kunyit)

1/2 liter air (untuk asam)

1/2 kg kunyit

1/4 kg gula merah

1/4 kg asam jawa

Gula pasir (sesuai selera) untuk tambahan manisnya

1 sdt garam

Baca Juga: Dua Resep Makanan Khas Nusantara Simpel dan Enak

Cara Membuat:

1. Blender kuyit sedikit demi sedikit dengan air, saring kedalam panci, kalau sudah diblender semua ulangi lagi sampai air habis.

2. Rendam asam jawa dengan air, saring dan masukkan kedalam perasan kunyit. Nyalakan kompor, rebus air kunyit asam lalu masukkan garam, gula merah dan gula pasir sampai mendidih.

3. Jika sudah mendidih angkat dan diamkan sampai kunyit asam benar-benar dingin. Masukkan kedalam botol sambil disaring lagi supaya ampas atau pasir yang berasal dari gula merah tidak ikut keminum.

4. Masukkan kedalam kulkas, karena diminum dingin lebih nikmat. Jamu kunyit ini bisa disimpan didalam kulkas sampai 2 minggu tanpa berubah rasanya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga