Resep Kolak Pisang, Menu Berbuka Puasa Disukai Keluarga

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Minggu, 03 April 2022
0 dilihat
Resep Kolak Pisang, Menu Berbuka Puasa Disukai Keluarga
Kolak pisang menjadi menu berbuka puasa. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Makanan dengan ciri khas rasa manis dan segar ini cara memasaknya juga relatif mudah, serta bahan dasarnya yang sederhana dan gampang diperoleh "

MEDAN, TELISIK.ID - Kolak pisang adalah menu berbuka puasa paling disukai dan digemari oleh banyak orang di Sumatera Utara. Di daerah lain mungkin juga menggemari makanan ini.

Di bulan Ramadan 1443 Hijiriah ini, makanan berbahan dasar buah pisang kepok dan santan kelapa ini pastinya akan menjadi hidangan yang ditunggu-tunggu saat berbuka.

Makanan dengan ciri khas rasa manis dan segar ini cara memasaknya juga relatif mudah, serta bahan dasarnya yang sederhana dan gampang diperoleh.

Elfrida (33), warga Desa Tanjung Morawa A, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, menjadikan kolak pisang sebagai menu berbuka puasa untuk keluarga.

"Menu berbuka puasa kami sekeluarga kolak pisang. Jika hari libur, keluarga semunya berkumpul, makanya dibuatlah makanan ini. Menu ini menjadi menu kesukaan keluarga maupun anak-anak," katanya kepada Telisik.id di kediamannya, Minggu (3/4/2022).

Wanita ini mengaku memasak kolak pisang dengan campur jagung, kolang-kaling plus ubi atau singkong.

Baca Juga: Lapa-Lapa dan Cucur, Menu Wajib Menyambut Puasa Masyarakat Muna

"Menu berbuka puasa dengan kolak pisang ditambah dengan es teh manis atau es campur, pasti sangat segar rasanya," terangnya.

Berikut bahan dan cara memasak kolak pisang hidangan berbuka puasa ala Elfrida:

Bahan kolak pisang komplit

1. Satu sisir pisang kepok.

2. 1/2 kilo gram gula merah.

3. Gula putih secukupnya.

4. 3 lembar daun pandan.

5. 1/2 kilo gram kolang kaling.

4. 1/4 gram singkong.

5. Santan sesuai kebutuhan.

6. Garam secukupnya.

Baca Juga: Ramadan 1443 H, Pemandangan Lapak Takjil Mulai Terlihat di Pinggir Jalan Konawe

Cara memasak kolak pisang komplit:

Potong pisang kepok dan singkong sesuai dengan selera. Dicuci sampai bersih, masukkan ke dalam wadahnya. Kemudian masukkan sedikit air dan gula merah, lalu dicampur dengan santan dan daun pandan yang telah disiapkan. Selanjutnya, dimasak dengan api sedang.

Setelah itu, masukkan kolang-kaling dan diamkan sampai matang, jangan terlalu banyak diaduk. Kemudian kolak pisang komplit siap disajikan. (C)

Reporter: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga