Resep Sederhana Akhir Bulan Hanya Rp5000

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 23 Februari 2023
0 dilihat
Resep Sederhana Akhir Bulan Hanya Rp5000
Brokoli tumis hanya membutuhkan brokoli sebagai bahan utama dan beberapa bumbu tambahan sehingga rasanya jauh lebih nikmat. Foto: Hellosehat.com

" Akhir bulan seringkali menjadi momen paceklik dalam urusan dapur di rumah tangga. Bahkan karena sepinya isi dompet, membuat sebagian besar ibu rumah tangga harus memutar otak "

KENDARI, TELISIK.ID - Akhir bulan seringkali menjadi momen paceklik dalam urusan dapur di rumah tangga. Bahkan karena sepinya isi dompet, membuat sebagian besar ibu rumah tangga harus memutar otak.

Berikut ini beberapa resep akhir bulan dengan resep yang sederhana dan bahan simpel dilansir dari berbagai sumber yaitu:

1. Tempe penyet kemangi

Mengutip Idntimes.com, menu pertama adalah tempe penyet kemangi, hanya dengan tempe harga Rp5000, satu buah tomat, cabai dan satu ikat kemangi sudah bisa menikmati tempe penyet kemangi dengan sepiring nasi putih hangat.

Baca Juga: Ini Alasan di Balik Nama Unik Kuliner Sunda

Bahan:

1 papan tempe

1 buah tomat ukuran sedang

2 cm terasi bakar

5 buah cabai rawit (sesuai selera)

1 ikat kemangi (cuci bersih)

gula, garam, penyedap sesuai selera

Cara membuat:

1. Larutkan garam dengan air secukupnya, iris tempe dan goreng hingga matang. Cuci bersih cabai rawit dan tomat, goreng setengah matang, angkat dan tiriskan

2. Ulek cabai dan tomat yang sudah digoreng, tambahkan gula, garam terasi bakar dan penyedap sesuai selera. Tambahkan tempe yang sudah digoreng, penyet diatas sambal. Tambahkan kemangi diatasnya, tempe penyet kemangi siap disajikan. 

2. Tumis brokol

Mengutip Briliofood.net, menu kedua adalah tumis brokoli. Anda hanya membutuhkan brokoli sebagai bahan utama dan beberapa bumbu tambahan sehingga hasilnya jauh lebih nikmat, meski sedang berada di akhir bulan.

Bahan:

4 buah bonggol brokoli potong

5 butir bawang putih iris

1,5 sdm saus tiram

1 sdm kecap manis

1 sdt merica

Air secukupnya

Cara membuat:

1. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan brokoli, aduk, tunggu sedikit layu.

2. Tambahkan air secukupnya. Masukkan saus tiram dan kecap, aduk rata. Tes rasa dan sajikan.

3. Coto ceker ayam

Meski akhir bulan, Anda tetap bisa menggunakan bahan-bahan tertentu untuk menghadirkan menu elit seperti coto ceker ayam.

Baca Juga: 11 Ide Jualan Unik di Bulan Puasa

Bahan:

1/2 kg ceker ayam, cuci bersih, buang kukunya

1 bungkus bumbu instan soto

2 lembar daun salam

1 batang serai

2 lembar daun jeruk

garam dan penyedap secukupnya

1 batang daun bawang

Cara membuat:

1. Didihkan air, masukkan daun salam dan rebus ceker ayam hingga empuk. Tumis bumbu instan soto, masukkan serai dan daun jeruk

2. Tambahkan air secukupnya, masukkan ceker ayam yang sudah empuk. Tambahkan pula garam, penyedap dan daun bawang iris. Soto ceker ayam siap dihidangkan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga