adplus-dvertising

Resep Sempol Tempe Kekinian, Enak dan Lembut

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 04 Agustus 2022
302 dilihat
Resep Sempol Tempe Kekinian, Enak dan Lembut
Sempol tempe yang renyah dan sedap untuk camilan, cocok jadi ide bisnis ataupun bekal. Foto: Repro Instagram @ding_80

" Resep makanan kekinian yang bisa dibuat untuk menu sehari-hari atau ide jualan banyak di temukan di beragam platform resep makanan online. Makanan kekinian saat ini banyak dicari, hingga dijadikan ide bisnis oleh sejumlah orang "

KENDARI, TELISIK.ID - Resep makanan kekinian yang bisa dibuat untuk menu sehari-hari atau ide jualan banyak di temukan di beragam platform resep makanan online. Makanan kekinian saat ini banyak dicari, hingga dijadikan ide bisnis oleh sejumlah orang.

Bahkan tidak sedikit berasal dari bahan-bahan yang murah dan mudah di temui, salah satunya yaitu sempol tempe kekinian yang bahan utamanya berasal dari tempe.

Seperti dipansir dari inews.com dan idntimes.com, makanan kekinian ini adalah perpaduan kuliner tradisional dan luar negeri, rasa yang unik serta harga bahan yang murah meriah.


Berikut resep olahan tempe kekinian, bisa jadi camilan enak.

Bahan utama:

- 1 papan tempe

- 1 butir telur

- 2 sdm tepung tapioka

- 1 batang daun bawang

- kaldu bubuk secukupnya

Baca Juga: Hindari 4 Jenis Makanan Ini Saat Malam Hari Agar Tidur Lebih Nyenyak

Bahan bumbu halus:

- 3 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 1 sdt ketumbar

- merica bubuk secukupnya

Bahan pelengkap:

- 1 butir telur ayam

- saus sambal secukupnya

- tusuk sate secukupnya

Cara membuat:

1. Siapkan talenan di atas meja, lalu letakkan satu papan tempe. Potong tempe menjadi berbentuk dadu, lalu masukkan ke dalam panci kukusan.

Setelah itu, kukus tempe sampai empuk dan lunak. Keluarkan tempe ketika masih hangat. Taruh di mangkuk, lalu haluskan dengan bantuan masher atau sekadar garpu. Ketika tempe sudah cukup halus, sisihkan sebentar.

2. Masukkan bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan merica putih ke blender. Haluskan bumbu sampai lembut. Lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam adonan tempe.

Aduk dengan spatula sampai tercampur rata. Kemudian, masukkan tepung dan aduk sampai menjadi adonan padat.

Baca Juga: 11 Makanan Khas Sulawesi Tenggara yang Patut Kamu Coba

3. Setelah tepung teraduk merata, masukkan irisan daun bawang ke dalam adonan. Aduk adonan sampai rata dan dapat dibentuk.

Ambil satu buah tusukan sate, lalu ambil segenggam adonan tempe. Balur adonan memanjang ke tusukan sate sampai menempel dan merekat. Lakukan sampai adonan habis.

4. Masukkan sempol ke dalam panci berisi air mendidih. Rebus sempol hingga empuk dan matang. Kala sudah, segera angkat dan tiriskan sempol hingga kering.

Selanjutnya, panaskan pula minyak hingga mendidih. Celup dan goreng sempol dengan kocokan telur, lalu tunggu sampai matang. Sempol tempe siap di santap. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga