adplus-dvertising

Resep Sup Bakso Makaroni Berkuah Bening, Segar Menghangatkan

Haerani Hambali, telisik indonesia
Kamis, 11 Februari 2021
954 dilihat
Resep Sup Bakso Makaroni Berkuah Bening, Segar Menghangatkan
Sup bakso makaroni kuah bening. Foto: Repro idntimes.com

" Punya kuah kaldu yang gurih dan segar, serta bisa kamu tambahkan cita rasa pedas akan sangat pas disajikan selama musim hujan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Di musim hujan, kamu pasti mencari-cari makanan  apa yang cocok disajikan untuk menghangatkan badan. Sup bakso makaroni ini bisa dijadikan solusi lho!

Punya kuah kaldu yang gurih dan segar, serta bisa kamu tambahkan cita rasa pedas akan sangat pas disajikan selama musim hujan. Gak perlu banyak basa-basi, langsung simak resepnya berikut, seperti dikutip dari idntimes.com:

1. Siapkan bahan-bahan:


10 buah bakso sapi

50 gram makaroni

2 buah wortel

1 batang daun bawang

2 batang seledri

1½ liter air kaldu

3 siung bawang putih, cincang

2 buah bawang merah, cincang

½ sdt merica bubuk

½ sdt kaldu bubuk

Garam dan gula secukupnya

1 sdm minyak sayur

2. Iris bawang putih dan merah

Sebelum mulai memasak sup ini, silahkan iris atau cincang bawang putih dan bawang merah. Karena ingin menciptakan kuah bening yang menyegarkan, maka pada resep ini tidak menggunakan cabai. Tapi, jika kamu ingin kuah yang pedas, kamu bisa menambahkan irisan cabai saat dimasak nanti.

Baca juga: Filosofi Roti Buaya Khas Suku Betawi dan Cara Pembuatannya

3. Rebus kaldu sampai mendidih

Panaskan air kaldu pada panci untuk direbus sampai mendidih. Kamu bisa menggunakan kaldu dari ayam, sapi, atau hanya menggunakan air biasa. Tapi disarankan menggunakan kaldu sapi atau ayam untuk kuah yang terasa gurih ya. Nah, setelah kaldu mendidih, matikan api lalu diamkan.

4. Tumis bawang dan bumbu lainnya

Selanjutnya, tumis kedua bawang dengan minyak sayur sampai harum. Kemudian masukan tumisan ini ke dalam rebusan air kaldu. Tambahkan juga bumbu penyedap seperti merica bubuk, garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya. Hidupkan api lalu masak kembali.

5. Masak semua bahan jadi satu

Potong bakso menjadi berbentuk bunga, atau kamu bisa juga membiarkannya bulat utuh. Kemudian masukan bakso, makaroni, dan wortel yang sebelumnya sudah dipotong. Masak sampai wortel lunak dan matang. Terakhir, masukan irisan daun bawang dan seledri, koreksi rasanya lalu angkat.

Santapan berkuah segar sekaligus hangat ini bisa kamu sajikan selagi masih hangat! Pas banget buat tenggorokan yang lagi sakit sekaligus cocok untuk hangatkan badan. Cobain yuk! (C)

Reporter: Haerani Hambali

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga