adplus-dvertising

Reses dan Sosper Anggota DPRD Habiskan Anggaran Rp 18,4 Miliar

Ones Lawolo, telisik indonesia
Selasa, 23 Februari 2021
1410 dilihat
Reses dan Sosper Anggota DPRD Habiskan Anggaran Rp 18,4 Miliar
Lobi Kantor DPRD Sumatera Utara. Foto: Ones Lawolo/Telisik

" Iya benar, reses sedang berjalan. "

MEDAN, TELISIK.ID - Anggota DPRD Sumatera Utara menggelar reses di daerah pemilihan dengan mengeluarkan dana sebesar Rp 145 juta per anggota dewan.

Reses yang digelar sejak hari Senin 22 Februari 2021, bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat di daerah pemilihan selama enam hari berturut-turut.

Selain reses, 100 anggota dewan juga menggelar Sosialisasi Peraturan (Sosper) di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.


Anggaran Sosper berasal dari APBD Sumut tahun 2020 dengan nilai Rp 39 juta per anggota dewan.

Seratus anggota DPRD Sumut itu terkesan ingin buru-buru melaksanakan kedua kegiatan itu karena kucuran dana yang cukup besar.

Nasib masyarakat yang menjerit di tengah sulitnya ekonomi selama pandemi COVID-19 tidak dipedulikan lagi. Sebab anggota dewan lebih fokus mengejar kegiatan yang dananya besar untuk mereka.

Ketua DPRD Sumatera Utara, Drs Baskami Ginting ketika dikonfimasi Telisik.id membenarkan anggota DPRD Sumut melaksanakan reses di daerah pemilihan masing-masing.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Buol Sulawesi Tengah

"Iya benar, reses sedang berjalan," kata Baskami Ginting lewat telepon selulernya kepada Telisik.id, Selasa (23/2/2021).

Baskmi juga membenarkan selain kegiatan reses juga dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan (Sosper) di daerah pemilihan.

Namun ketika ditanya anggaran yang dikucurkan untuk kegiatan reses dan Sosper, Baskami memilih mematikan telepon selulernya dengan alasan sedang melaksanakan kegiatan reses.

"Nanti ya saya sedang melaksanakan reses ini," tuturnya mengakhiri.

Sedangkan Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Sumut, Afifi Lubis ketika dikonfimasi di ruangannya tidak berada di tempat. Salah satu staf mengatakan, Sekwan tidak masuk kantor.

"Pak Sekwan belum masuk kantor Pak," katanya tanpa menyebutkan identitasnya.

Diketahui, seratus anggota DPRD Sumatera Utara menghabiskan anggaran APBD Sumut pada kegiatan reses dan Sosper sebanyak Rp 18,4 miliar. (B)

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga