Resmi Dibuka, Intip Formasi CPNS dan PPPK September 2023

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 04 Agustus 2023
0 dilihat
Resmi Dibuka, Intip Formasi CPNS dan PPPK September 2023
Pemerintah membuka formasi CPNS dan PPPK pada September 2023 mendatang. Foto: Tirto.id

" Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), telah menetapkan jumlah formasi CASN 2023 yakni sebanyak 572.496 formasi "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), telah menetapkan jumlah formasi CASN 2023 yakni sebanyak 572.496 formasi.

Jumlah itu lebih sedikit dari data yang sebelumnya dipaparkan Kementerian PAN RB, yakni mencapai 1.030.751 formasi seperti dilansir dari Kompas.com.

Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, formasi yang dibuka masih tetap berfokus pada palayanan dasar, yakni guru dan tenaga kesehatan.

Baca Juga: Pj Bupati Bombana Hadiri Pertemuan dengan Berbagai Menteri, Bahas Agenda Pembangunan Ekonomi

"Hampir 80 persen formasi 2023 untuk guru dan tenaga kesehatan," ujarnya, dilansir dari laman Menpan RB.

Pendaftaran CPNS ini memberi kesempatan rekrutmen untuk talenta digital dan data scientist. Ketiga, mengurangi rekrutmen pada formasi yang akan terdampak transformasi digital.

Anas menambahkan, rekrutmen ASN juga dimaksudkan sebagai upata untuk seoptimal mungkin menyelesaikan penataan tenaga non-ASN atau yang biasa disebut tenaga honorer. Diketahui, jumlah tenaga non-ASN sebanyak 2,3 juta, dan saat ini dalam proses diaudit BPKP bersama BKN. 

“Pemerintah secara konsisten memberikan afirmasi, menunjukkan keberpihakan untuk tenaga non-ASN atau honorer, juga kepada eks THK-II, karena mereka telah mengabdi. Maka rekrutmen ASN 2023 ini, sebanyak 80 persen di antaranya untuk pelamar dari tenaga non-ASN, dan 20 persen untuk pelamar umum,” jelas mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tersebut dikutip dari Jawapos.com.

Baca Juga: Deretan Fakta Fiber Optik Milik PT Bali Towe Superindo, Bikin Mahasiswa Tak Bisa Bicara

Sebelumnya, Kementerian PAN RB telah menetapkan sebanyak 1.030.751 kebutuhan ASN nasional pada 2023. Namun terdapat sejumlah instansi yang tidak mengusulkan formasi, termasuk terdapat beberapa pemda yang tidak mengoptimalkan usulan formasinya.

Dalam sambutannya, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan, rekrutmen CASN harus diputuskan dengan mempertimbangkan tenaga non-ASN yang memenuhi syarat, penyederhanaan birokrasi, dan kebutuhan ASN. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga