Resmi, Jokowi Lantik Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Investasi dan Nadiem Mendikbud Ristek

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 28 April 2021
0 dilihat
Resmi, Jokowi Lantik Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Investasi dan Nadiem Mendikbud Ristek
Presiden Jokowi saat melantik Menteri baru kabinet indonesia maju. Foto: Screenshot siaran langsung

" Terlebih dahulu saya bertanya kepada saudara-saudara Bersediakah saudara -saudara untuk diambil sumpah "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo resmi melantik dua menteri baru dan satu Kepala Lembaga di dalam Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Rabu (28/4/2021) sore.

Mereka yang dilantik adalah Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dikbud-Ristek), dan Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Investasi.

Dalam siaran langsung pelantikan kabinet indonesia maju di sekretariat Persiden, Jokowi terlebih dahulu menanyakan kesediannya kepada Nadiem, Bahlil, dan Laksana sebelum disumpah jabatannya.

"Terlebih dahulu saya bertanya kepada saudara-saudara Bersediakah saudara -saudara untuk diambil sumpah," kata Jokowi.

Baca Juga: Lengkapi Berkas, 367 CJH Tahun 2021 Asal Kolaka Tinggal Tunggu Kepastian

"Bersedia," jawab mereka.

Jokowi pun melantik Nadiem dan Bahlil seraya memandu membacakan sumpah dan jabatan. Setelah itu, Jokowi melanjutkan melantik Laksana.

"Saya akan setia kepada UUD RI Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan, dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada negara," kata Jokowi yang diikuti Nadiem, Bahlil, dan Laksana.

"Dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dengan penuh rasa tanggung jawab," tambah Jokowi.

Baca Juga: LPPKD Lapor Dugaan Penyalahgunaan APBD Baubau

Pelantikan menteri baru tersebut berdasarkan Keputusan Presiden nomor 72P/2021 tentang pembentukan dan pengubahan kementerian dan beberapa menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Adapun pengangkatan Kepala BRIN berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 19 M tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga