Resmikan Bendungan Pidekso, Jokowi: Waduk Kunci Ketahanan Pangan

Marwan Azis, telisik indonesia
Selasa, 28 Desember 2021
0 dilihat
Resmikan Bendungan Pidekso, Jokowi: Waduk Kunci Ketahanan Pangan
Presiden Jokowi saat meresmikan Bendungan Pidekso, di Wonogiri, Jateng, Selasa (28/12/2021). Foto: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden

" Bendungan Pidekso dibangun dengan total anggaran sebesar Rp 772 miliar. Proses pembebasan tanah untuk pembangunannya dimulai sejak 2014 sementara pembangunan konstruksinya dilakukan sejak 2017 "

WONOGIRI, TELISIK.ID - Presiden Jokowi hari ini, Selasa (28/12/2021), meresmikan Bendungan Pidekso yang berlokasi di Desa Pidekso, Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah (Jateng).

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Waduk Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, hari ini saya nyatakan diresmikan,” kata Jokowi  dalam sambutannya yang juga dishare ke awak media.

Bendungan Pidekso dibangun dengan total anggaran sebesar Rp 772 miliar. Proses pembebasan tanah untuk pembangunannya dimulai sejak 2014 sementara pembangunan konstruksinya dilakukan sejak 2017.

“Bendungan ini memiliki kapasitas 25 juta meter kubik dengan luas genangan 232 hektare. Ini bisa mengairi kurang lebih 1.500 hektare sawah di Kabupaten Wonogiri,” ujarnya.

Baca Juga: Tak Bisa Melihat Presiden Jokowi, Warga Koltim Bangga Daerahnya Dikunjungi Kepala Negara

Baca Juga: Kemenkes Ungkap Kasus Transmisi Lokal Omicron Terdeteksi

Menurut Jokowi, keberadaan sistem pengairan merupakan kunci untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia.

“Kalau kita ingin kemandirian pangan tercapai, kedaulatan pangan tercapai, ketahanan pangan tercapai, waduk adalah menjadi kunci, air merupakan kunci. Oleh sebab itu, kita bangun waduk di seluruh provinsi di tanah air kita,” tuturnya.

Sebelum meresmikan Bendungan Pidekso, Presiden Jokowi juga telah meresmikan Bendungan Ladongi yang terletak di Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra). (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga