Respon Keluhan Warga, Wabup Konsel Sidak Disdukcapil

Ashar Hamka, telisik indonesia
Selasa, 28 Desember 2021
0 dilihat
Respon Keluhan Warga, Wabup Konsel Sidak Disdukcapil
Wakil Bupati Konsel Rasyid, S.Sos bertanya dan berbincang dengan sejumlah warga saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Disdukcapil. Foto: Diskominfo Konsel

" Tujuan saya kesini memastikan informasi masyarakat, bahwa katanya pelayanan Disdukcapil Konsel kurang baik "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Keluhan warga mengenai pelayanan aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan dalam hal administrasi kependudukan selama ini, rupanya sampai ke telinga Wakil Bupati Konsel, Rasyid, S.Sos.

Untuk membuktikan hal itu, Senin (27/12/2021) kemarin, orang nomor dua di Pemda Konsel ini melakukan inspeksi mendadak (Sidak).  

"Tujuan saya kesini memastikan informasi masyarakat, bahwa katanya pelayanan Disdukcapil Konsel kurang baik. Misalnya, tidak tersedianya blanko KTP. Kondisi ini tentu membuat masyarakat merasa kecewa sehingga waktunya terbuang sia-sia," ucap Rasyid.

Usai berkeliling, bertanya sekaligus berdialog dengan sejumlah warga yang sedang antre untuk berurusan di Disdukcapil, hasilnya, pasangan Surunuddin Dangga ST MM ini menganggap informasi negatif yang dialamatkan ke Disdukcapil Konsel selama ini tidak tepat.

“Saya kira informasi itu tidak benar, saya sudah saksikan langsung pelayanan Disdukcapil sangat baik. Di mana kedatangan saya bukan direkayasa sebelumnya. Ini tugas serta tanggung jawab saya di bidang pengawasan pada instansi lingkup Pemkab Konsel," imbuhnya.

Tak lupa ia berpesan, agar masyarakat jangan mudah menerima informasi hoaks yang belum tentu pasti kebenarannya. Juga di dalam pengurusan dokumen kependudukan untuk tidak menggunakan jasa calo, sebab semua tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis.

"Kalau mau berurusan langsung saja sendiri, tidak usah lewat perantara. Sekarang ini semua serba cepat dan gratis. Adapun jika ada pungli, lapor ke saya, langsung kita proses sesuai aturan hukum yang berlaku," tegasnya.

Respon positif pada Disdukcapil ini diungkapkan salah satu warga, Ani (32) asal Kecamatan Kolono.

"Tidak ada masalah Pak, sejauh ini pelayanan bagus, hanya antre saja yang lama karena mungkin saya datang terlambat dan sudah banyak orang. Sehingga ini wajar," ucapnya kepada Wabup Rasyid.

Saat disinggung apakah ada pungutan liar selama pengurusan, Ani menggelengkan kepalanya. Tanda menyatakan tidak ada pungutan liar. Hal sama turut diutarakan legislator asal Dapil I Kecamatan Lalembuu, Muh Taufik Mansur yang kebetulan berada di lokasi.

"Dari tadi saya di sini, semua berjalan lancar dan pelayanan publik sangat bagus dan tidak ada pungli," ungkapnya.

Banyak warga yang ditanyai satu persatu oleh Wabup Rasyid, namun tak ada satupun yang mengatakan keberatan terkait pelayanan seperti informasi yang beredar pada segelintir masyarakat.

Baca Juga: Tak Bisa Melihat Presiden Jokowi, Warga Koltim Bangga Daerahnya Dikunjungi Kepala Negara

“Pelayanan cukup baik, namun standar pelayanan sistem, mekanisme, dan prosedur akan terus ditingkatkan lagi agar citra pemerintah daerah semakin bagus di mata publik,“ tutur Rasyid.

Sementara Kadis Dukcapil Konsel Muh Yusuf mengaku kaget saat disidak. Di hadapan Wabup Konsel dan  warga yang tengah mengurus, ia menjelaskan bahwa pelayanan di instansi yang dipimpinnya dilakukan secara profesional dan tidak ada pungli.

Yang mana terkait ketersediaan blanko KTP-el, stok yang dimiliki Disdukcapil saat ini sangat banyak dan masih bisa melayani hingga Maret 2022.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan Keliling Waduk Menggunakan Perahu Naga di Koltim

"Siapa bilang blanko KTP-el kami kosong? Sampai Maret 2022 pun dengan kondisi sekarang masih bisa kami terbitkan KTP. Normalnya kami siapkan 3 ribu sampai 6 ribu keping per bulan," ungkap Muh Yusuf. (A)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Haerani Hambali 

Baca Juga