Ribuan Masyarakat Bakal Hadir dalam Halal Bihalal Kekar Wakatobi

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Kamis, 23 Mei 2024
0 dilihat
Ribuan Masyarakat Bakal Hadir dalam Halal Bihalal Kekar Wakatobi
Rapat pemantapan kegiatan halal bihalal Kerukunan Keluarga Wakatobi di Kendari. Foto: Ist.

" Masyarakat Kabupaten Wakatobi (Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko) yang berada di Kota Kendari bakal melaksanakan halal bihalal yang akan dihelat pada Sabtu (25/5/2024) di Hotel Qubah 9 Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Masyarakat Kabupaten Wakatobi (Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko) yang berada di Kota Kendari bakal melaksanakan halal bihalal yang akan dihelat pada Sabtu (25/5/2024) di Hotel Qubah 9 Kendari.

Kegiatan halal bihalal itu akan dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Kerukunan Keluarga Wakatobi yang lebih populer disingkat Kekar Wakatobi periode 2024-2027, dengan Tema "Melalui Halal Bihalal 1445h/2024 M Kerukunan Keluarga (Kekar) Wakatobi di Kota Kendari Kita Tingkatkan Ukhuwah Islamiyah Atas Dasar Iman dan Takwa Menyongsong Masa Depan yang Cerah," dengan pesan bahasa daerah ”Maafu Akonaku Mina Ibhuasakosu Apa Mingkusu” yang artinya maafkan aku dari kesalahan bicaraku sampai perlakuanku.

Dalam kegiatan syiar Islam yang menjadi momen penting bagi umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan sebulan penuh 1445 H, maka sebagai limpahan kemenangan di hari Fitri 1 Syawal 1445 H yang telah lewat satu bulan yang lalu, disebabkan oleh susahnya mencari waktu bersama yang masih libur di empat pulau.

Dalam rapat persiapan halal bihalal pertama, secara internal unsur pimpinan masing-masing kerukunan kecamatan se-Pulau Wakatobi yang dilaksanakan Sabtu (11/5/2024) pukul 20.00-23.00 Wita di Cafe XBro Kendari bersepakat untuk tetap dilaksanakan dengan prinsip bahwa kalau niatnya baik untuk kebersamaan, tidak ada kata terlambat untuk bersilaturahmi.

Dan semua sepakat ditunjuk sebagai ketua panitia pelaksana adalah Aminuddin Mane Kandari, selaku tokoh masyarakat dari Pulau Binongko, didampingi oleh sekretaris LM. Ervin dari Pulau Tomia.

Namun amanah itu tidak langsung diterima oleh Aminuddin Mane Kandari, tetapi mengajukan persyaratan demi kelancaran dan kesuksesan acara, bahwa siap menerima dengan substansi utama mewujudkan kebersamaan sehingga meminta yang harus menjadi penanggung jawab kegiatan adalah Pls. Kekar Wakatobi yakni La Atjeh Amin dari Pulau Kaledupa, dan wakil penanggung jawab adalah dari Pulau Tomia yakni Letkol. Inf. (Purn) Muh. Kamil, Bc, serta wakil ketua adalah ketua-ketua kerukunan kecamatan se-Wakatobi yakni Dr La Ode Taalami (Wangi-Wangi), Drs. La Ode Adili (Wangi-Wangi Selatan), Suwandi Andi (Kaledupa), Samsuddin Rahim (Tomia), Ode Suriadi (Tomia Timur), dan Budi Rahim (Binongko).

Baca Juga: Kerukunan Keluarga Wakatobi Siap Gelar Halal Bihalal di Kendari

Setelah forum menyetujui syarat tersebut, Aminuddin Mane Kandari yang juga mantan Ketua Senat UHO Kendari, resmi menjadi ketua panitia pelaksana dengan koordinator wakil koordinator penasehat dipercayakan kepada Sarifuddin Safaa (mantan Bupati Wakatobi) dan Kompol La Ode Surahman (Wakapolres Wakatobi), juga didukung sepenuhnya oleh Bupati Wakatobi Haliana, Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud, Ketua dan Wakil Ketua serta anggota DPRD Wakatobi Hamiruddin, terkhusus Sekda Wakatobi Nadar, serta semua pimpinan OPD se-Kabupaten Wakatobi memberi dukungan dan siap hadir.

Ketua Kekar Wakatobi La Atjeh Amin yang akan dilantik, menyambut baik rencana kegiatan halal bihalal ini dengan mengajak semua ketua-ketua kerukunan agar membantu panitia yang telah diamanahkan kepada Aminuddin Mane Kandari.

Demikian pula perwakilan penasihat Sarifuddin Safaa, memberi harapan besar kepada ketua panitia yang energik bahkan tidak diragukan kapasitasnya untuk menghadirkan semua masyarakat Wakatobi khususnya yang ada di Kota Kendari, agar hadir dalam kegiatan tahunan ini dalam upaya untuk bersilaturahmi secara langsung.

Selanjutnya, untuk mewujudkan berbagai harapan masyarakat, maka hari Selasa (21/5/2024), dilaksanakan rapat pemantapan panitia yang dihadiri kurang lebih 100 orang yang mewakili semua koordinator seksi dan semua ketua kerukunan dan penanggung jawab serta penasehat.

Aminuddin menyatakan bahwa keberhasilan kegiatan ini sangat ditentukan oleh keterlibatan full para ketua kerukunan tingkat kecamatan untuk mengajak seluruh warganya untuk berkonstribusi khususnya tenaga dan pikiran untuk fokus mensukseskan tupoksinya masing-masing yang sudah diatur sedemikian rupa.

"Dimana setiap seksi selalu digawangi oleh perwakilan dari keempat pulau sehingga selalu bernuansa Wakatobi," ungkap Aminuddin.

Lanjut Aminuddin, termasuk salah satu acara untuk memeriahkan halal bihalal nanti adalah lantunan shalawat dari ibu-ibu Kekar Wakatobi yang berjumlah 60 personel Pulau Bitokawa (Binongko 25 orang, Tomia 10 orang, Kaledupa 10 orang, dan Wangi-Wangi 15 orang).

Baca Juga: Halal Bihalal KAHMI Sultra Perkuat Silaturahmi dan Jalin Dialog Keumatan Antar Calon Gubernur

Kegiatan ini diperkirakan akan dihadiri kurang lebih 1.700 orang, meliputi undangan kehormatan (VIP) 100 orang, Kekar Pulau Wangi-Wangi 300 orang, KK Pulau Kaledupa 500 orang, Kekar Pulau Tomia 400 orang, KK Pulau Binongko 200 orang, dan mahasiswa asal Wakatobi 200 orang.

Serta diupayakan dapat dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Tenggara, Andap Budhi Revianto, sekaligus melantik pengurus Kekar Wakatobi periode 2024-2027, Bupati Wakatobi, Pj Wali Kota Kendari, semua mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, mantan Wali Kota Kendari serta semua Bacalon Gubernur Sultra dan Bacalon Wali Kota Kendari.

Juga Ketua Paguyuban Nusantara yang ada di Kota Kendari akan diundang untuk membina silaturahmi karena momen halal bihalal tidak ada harapan lain adalah terwujudnya silaturahmi kepada sesama Hamba Allah.

Sehubungan dengan itu kepanitiaan yang berjumlah 100 orang ini memilih sprit ”Bersama Kita Bisa, dari Kekar Wakatobi untuk Semua” bahwa masyarakat Wakatobi harus kompak bukan hanya untuk Wakatobi tetapi untuk semua yakni kenyamanan Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara dan Indonesia dengan slogan NKRI Harga Mati. (C-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga