Ribuan Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Debat Pilpres 2024

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Minggu, 07 Januari 2024
0 dilihat
Ribuan Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Debat Pilpres 2024
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, saat menyampaikan langkah pengamanan, debat Pilpres. Foto: Ist.

" Polda Metro Jaya memobilisasi kekuatan keamanan dengan menurunkan 3.041 personel gabungan dalam rangka mengamankan Debat Pilpres 2024 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat "

JAKARTA, TELISIK.ID - Polda Metro Jaya memobilisasi kekuatan keamanan dengan menurunkan 3.041 personel gabungan dalam rangka mengamankan Debat Pilpres 2024 di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, menyampaikan langkah pengamanan tersebut dalam keterangan tertulis pada Sabtu (6/1/2024).

Pengamanan tersebut melibatkan 2.877 personel Polri, yang terdiri dari Satgaspus 727 personel, Satgasda 2.000 personel, dan Satgasres 100 personel.

Baca Juga: Anies dan Ganjar Optimis Ungguli Prabowo Debat Pertahanan, Istora Dijaga Ketat

Sementara itu, 120 personel TNI (TNI AD 100 personel dan POM AD 20 personel) serta 94 personel Pemda DKI (Satpol PP 40 personel, Dishub 35 personel, Derek 5 personel, dan Damkar 14 personel) juga turut berpartisipasi.

Brigjen Pol Trunoyudo menjelaskan, pengamanan dilakukan sesuai dengan dinamika tugas fungsi sasaran kegiatan Debat Capres Cawapres melalui satgas Preemtif, Preventif, Humas, dan Bantuan Operasi.

Dari 12 pintu akses di kawasan GBK, beberapa pintu akan ditutup, seperti pintu 1, 2, 3, 4, 6, 9, 11, dan 12. Pintu 5 dan 8 hanya digunakan untuk akses keluar, sementara pintu 7 dan 10 untuk akses masuk dan keluar.

Baca Juga: Makan Malam dengan Prabowo, Jokowi Tak Netral?

Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan GBK. Meskipun bersifat situasional, rekayasa ini melibatkan pengalihan arus lalu lintas, seperti arah dari Jalan Gatot Subroto ke Jalan Gatot Subroto arah Slipi, arah dari Jalan Asia Afrika ke Jalan Hang Tuah Raya, dan arah dari Bundaran Senayan ke Jalan Jenderal Sudirman.

Upaya pengamanan ini merupakan respons terhadap kompleksitas dan tingginya antusiasme masyarakat terkait debat Pilpres 2024. Pihak berwenang berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kelancaran acara dengan melibatkan personel gabungan yang terlatih. (Adv-C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga