Ribuan Warga Kendari Padati Masjid Umushabri

Sumarlin, telisik indonesia
Jumat, 21 April 2023
0 dilihat
Ribuan Warga Kendari Padati Masjid Umushabri
Ribuan jemaah memadati Masjid Umushabri untuk melaksanakan salat Idul Fitri, Jumat (21/4/2023). Sebagian warga harus membuat shaf hingga di luar masjid, utamanya jemaah wanita. Foto: Sumarlin/Telisik

" Ribuan warga Kota Kendari memadati Masjid Pesantren Umushabri untuk melaksanakan salat Idul Fitri, Jumat (21/4/2023) "

KENDARI, TELISIK.ID - Ribuan warga Kota Kendari memadati Masjid Pesantren Umushabri untuk melaksanakan salat Idul Fitri, Jumat (21/4/2023). Para jemaah terlihat berbondong-bondong mendatangi lokasi salat Ied sejak pukul 06.00 Wita.

Ketua Yayasan Umushabri Kendari, Supriyanto menjelaskan, kapasitas Masjid Umushabri Kendari untuk lantai satu sebanyak 2.500 jemaah.

"Kami perkirakan jemaah yang salat Idul Fitri di Umushabri sekitar 8 ribu jemaah," ungkapnya usai salat Ied.

Sementara itu Musadar Mapasomba yang membawakan khotbah Idul Fitri mengatakan, Idul Fitri merupakan hari kemenangan melawan hawa nafsu, mengikis habis kesombongan, kemenangan mensucikan pengabdian hanya pada Allah SWT dan menyempurnakan bakti pada kedua orang tua.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Lebaran Sabtu 22 April 2023

"Alangkah indahnya suasana dimana seorang anak dengan sadar dan penuh takzim memohon maaf dan meminta restu kepada kedua orang tuanya atas segala khilaf dan kekeliruan sikap kesalahan tutur dan tingkah laku  yang telah diperbuat selama ini," ungkap mantan Wakil Wali Kota Kendari ini.

Menurutnya, selain memohon maaf dan memberikan pengabdian pada orang tua, di hari yang fitri ini juga momen yang tepat bagi seorang istri memohon maaf pada suami.

Baca Juga: Ini Perbedaan Lebaran Idul Fitri Pemerintah dan Muhammadiyah Sepanjang Sejarah

Pelaksanaan salat Idul Fitri di Masjid Umushabri dilaksanakan lebih awal dari keputusan pemerintah yang memutuskan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Sabtu 22 April 2023.

Selain masjid Umushabri, pelaksanaan salat Idul Fitri juga berlangsung di beberapa tempat di Kota Kendari di antaranya, pelataran Gedung E Universitas Muhammadiyah Kendari, Jalan Kiyai Haji Ahmad Dahlan Nomor 78, Bonggoeya, Kecamatan Wua-Wua, Kota Kendari.

Masjid Nurul Khair Jalan Kelapa No 109 Anduonohu, Kecamata Poasia, Kota Kendari, san Masjid Al-Mu'minin Muhammadiyah, Jalan Diponegoro, Kelurahan Benu-benua, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga