Ribuan Warga Kendari Padati Masjid Umushabri untuk Salat Idul Adha

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 28 Juni 2023
0 dilihat
Ribuan Warga Kendari Padati Masjid Umushabri untuk Salat Idul Adha
Ribuan warga Kota Kendari memadati masjid Ummushabri Kendari melakukan salat Idul Adha. Foto: Sumarlin/Telisik

" Ribuan warga Kota Kendari memadati masjid Umushabri untuk melaksanakan salat Idul Adha, Rabu (28/6/2023) "

KENDARI, TELISIK.ID - Ribuan warga Kota Kendari memadati masjid Umushabri untuk melaksanakan salat Idul Adha, Rabu (28/6/2023).

Sejak pukul 6.00 Wita, warga dari sejumlah wilayah di Kota Kendari berbondong-bondong datang bersama keluarga. Salat Idul Adha di masjid Ummushabri Kendari dimulai sekira pukul 07.07 Wita, diawali dengan pengumuman jumlah hewan kurban yang melalui baitulmal Ummushabri Kendari.

"Hewan kurban melalui baitulmal Ummushabri Kendari sebanyak 17 ekor sapi," ucap Masgito sebagai pembawa acara.

Pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid Ummushabri Kendari dipimpin imam Laode Muhammad Qodam. Sedangkan Khutbah Idul Adha dibawakan ketua Yayasan Ummushabri Kendari Supriyanto.

Baca Juga: Ribuan Warga Kendari Salat Idul Adha 1444 H Hari Ini

Dalam khutbahnya, Supriyanto memberikan apresiasi pada warga Sulawesi Tenggara yang sangat antusias menjalankan ibadah haji. Terbukti daftar tunggu saat ini sebanyak 48 ribu, sehingga warga yang baru mendaftar tahun 2023 haru menunggu hingga 24 tahun lagi.

"Bandingkan tahun 2012, masa tunggu hanya 7-8 tahun, hari ini dia kali lipat bahkan 3 kali lipat," ungkapnya.

Baca Juga: Ratusan Warga Kolaka Utara Salat Idul Adha Hari Ini

Dia menjelaskan, ibadah haji merupakan perjalanan suci, sehingga semua calon jemaah haji harus melunasi semua utang-piutangnya, mengubur sifat benci dan marahnya, karena ini melambangkan saat perpisahan terakhir dalam sejarah kehidupan manusia. Ibadah haji mencerminkan kepulangan manusia kepada Allah SWT. Ini merupakan tirakat kesempurnaan.

Idul Adha atau identik dengan hari raya kurban kata dia, merupakan cara menumbuhkembangkan dan membentuk karakter semangat pengorbanan, namun saat ini kebanyakan yang terjadi di masyarakat sifat egois yang muncul, sehingga mereka rela mengorbankan sesama untuk kepentingan pribadi atau golongannya.

Dia berharap momentum hari raya kurban ini, bisa semakin mendekatkan diri pada Allah SWT dan sesama manusia dengan membagikan daging kurban. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga