Ribuan Warga Kendari Salat Idul Adha 1444 H Hari Ini

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 28 Juni 2023
0 dilihat
Ribuan Warga Kendari Salat Idul Adha 1444 H Hari Ini
Ribuan umat Islam berbondong-bondong mendatangi kampus UMK untuk melaksanakan salat Idul Adha 1444 H. Foto: Fitrah/Telisik

" Ribuan masyarakat Kota Kendari dan sekitarnya melaksanakan salat Idul Adha 1444 H hari ini, Rabu (28/6/2023) "

KENDARI, TELISIK.ID - Ribuan masyarakat Kota Kendari dan sekitarnya melaksanakan salat Idul Adha 1444 H hari ini, Rabu (28/6/2023). Berdasarkan informasi yang dihimpun Telisik.id, sejumlah lokasi di Kota Kendari menggelar salat Idul Adha hari ini. Salah satunya adalah di pelataran Gedung E Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK).

Kendati pelaksanaan salat Idul Adha ini dimulai sekitar pukul 07.15 Wita, namun warga Muhammadiyah dan masyarakat setempat sudah mendatangi lokasi salat Id mulai pukul 06.30 Wita.

Sambil menunggu waktu pelaksanaan salat Id, para jemaah mengumandangkan Takbir, Tahlil, Tahmid yang dipimpin oleh panitia pelaksana salat Idul Adha 1444 H Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulawesi Tenggara.

Adapun yang bertugas menjadi imam pada salat Idul Adha di UMK kali ini yakni Dekan FAI UM Kendari, Yusuf. Sedangkan yang bertindak sebagai khotib adalah Ketua DPRD Sulawesi Tenggara, H. Abdurrahman Shaleh.

Baca Juga: Ini Lokasi Salat Idul Adha 1444 H di Kota Kendari Besok, Lengkap Nama Imam dan Khotib

Pada kesempatan khutbah tersebut, Abdurrahman Shaleh mengatakan, Idul Adha yang dirayakan oleh umat Islam pada setiap bulan Zulhijah, merupakan hari raya yang sangat identik dengan dua ibadah, yakni haji dan kurban.

"Idul Adha memberikan kita keberkahan karena jemaah haji yang Allah muliakan, dan perintah kurban sebagai manifestasi kesyukuran, ketakwaan dan ketulusan untuk bertakarrub pada Allah semata," katanya.

Sementara itu, salah satu warga Kota Kendari, Abu Fatih mengaku melaksanakan salat Idul Adha hari ini karena para jemaah haji di Arab Saudi sudah melaksanakan wukuf di Arafah pada Selasa (27/6/2023) kemarin.

Sehingga hari ini, umat Islam melakukan salat Idul Adha, mengingat penetapan waktu hari raya Idul Adha merupakan kewenangan Ahlul Makkah atau pemerintah di Arab Saudi.

"Iya, kami salat Idul Adha di UMK. Karena ini mengikut pelaksaan biasa haji di Arab Saudi," ujarnya.

Bukan hanya di pelataran kampus UMK saja, tapi juga terdapat sejumlah lokasi yang menggelar pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 H, salah satunya di Masjid Al Fatih yang terletak di Kelurahan Watulando, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari.

Baca Juga: Polsek Ranomeeto Siapkan Personel Pengamanan Idul Adha Beberapa Titik

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Fatih, Muhammad Wildan mengatakan, pelaksanaan Salat Idul Adha ini didasarkan pada ketentuan ahlul Makkah, yang telah banyak dijelaskan dalam nash-nash agama.

Jadi penetapan pelaksanaan hari raya Idul Adha ini, kata dia, bukan pendapat organisasi atau kelompok tertentu, tapi merupakan nash syariah yang menetapkan bahwa penetapan Idul Adha dilakukan oleh ahlul Makkah atau pemerintah Arab Saudi.

“Jadi ketika jemaah haji sedang melaksanakan wukuf di Arafah (kemarin), maka Salat Idul Adha akan diadakan pada hari berikutnya (hari ini),” katanya kepada Telisik.id. (A)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga