Ringankan Kebutuhan Warga, Gubernur Lepas Bantuan Beras PPKM Sultra

Siswanto Azis, telisik indonesia
Minggu, 18 Juli 2021
0 dilihat
Ringankan Kebutuhan Warga, Gubernur Lepas Bantuan Beras PPKM Sultra
Foto bersama Pemprov Sultra pada penyaluran bantuan beras. Foto: Siswanto Aziz/Telisik

" Gubernur Sultra, Ali Mazi, melepas bantuan beras bagi masyarakat sebagai bagian dari kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. "

KENDARI, TELISIK.ID - Gubernur Sultra, Ali Mazi, melepas bantuan beras bagi masyarakat sebagai bagian dari kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

Pelepasan bantuan PPKM tersebut dilaksanakan di rumah jabatan gubernur Sultra yang dihadiri secara terbatas, Minggu (18/7/2021).

Dalam acara itu, Gubernur Ali Mazi didampingi oleh sejumlah pejabat, diantaranya Sekda Sultra, Nur Endang Abbas, Pemimpin Perum Bulog Kantor Wilayah (Kanwil) Sultra, Ermin Tora, dan sejumlah kepala OPD lingkup Pemprov Sultra.

Gubernur Ali Mazi menyampaikan, pada kondisi PPKM mikro saat ini, pemerintah melalui Perum Bulog menyalurkan bantuan beras kepada masyarakat, khususnya keluarga penerima manfaat dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dan keluarga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

 

Gubernur Ali Mazi saat menyampaikan sambutan. Foto: Siswanto Aziz/Telisik

 

Masing-masing keluarga menerima bantuan sebanyak 10 kilogram dengan jumlah total se-Sultra sebanyak 221.413 keluarga, yang terdiri dari 119.587 keluarga PKH dan 101.826 keluarga Program BST.

“Saya selaku pimpinan Pemerintah Provinsi Sultra dan secara pribadi menyambut baik, sembari berharap semoga bantuan beras dari pemerintah ini dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangannya, khususnya beras, yang selama ini menjadi salah satu beban pengeluaran rumah tangga yang tergolong sangat besar bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah,” jelas Gubernur.

Gubernur juga meminta para bupati  dan wali kota beserta jajaran pemerintahan daerah di wilayahnya, untuk dapat memberikan dukungan secara aktif guna kelancaran kegiatan penyaluran bantuan beras PPKM, sehingga masyarakat bisa segera merasakan bantuan beras tersebut.

Baca juga: Bank Sampah Al Faizin Gelar Lomba Menabung Sampah

Baca juga: Salat Idul Adha di Rumah: Kemenag Kendari Sosialisasi dan Susun Panduan Ibadah

Pada kesempatan itu, Gubernur kembali menegaskan agar semua elemen pemerintahan untuk terus bersama-sama mengimbau, mengedukasi, mengajak, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan 5M dan aktif mendukung upaya 3T,

“Dan yang utama adalah mendorong partisipasi masyarakat mengikuti vaksinasi gratis secara tuntas, dan meyakinkan seta meminta semua kalangan masyarakat untuk dapat bersabar mematuhi kebijakan PPKM Mikro yang sedang dilaksanakan pemerintah,” jelasnya.

 

Gubernur Ali Mazi saat melepas penyaluran bantuan beras. Foto: Siswanto Aziz/Telisik

 

Sementara itu, Pemimpin Perum Bulog Kanwil Sultra, Ermin Tora menyampaikan, penyaluran bantuan ini sesuai dengan Surat Menteri Sosial Nomor S-147/MS/C/3.3/BS.OV7/2021 tanggal 15 Juli 2021, yang menindaklanjuti arahan Presiden RI yang menugaskan Perum Bulog untuk menyalurkan bantuan beras.

Jumlah sebanyak 221.413 keluarga tersebut berdasarkan data dari Kementerian Sosial, dan selanjutnya akan dikoordinasikan ke pemerintah kabupaten/kota.

Bulog Sultra membutuhkan sekitar 2.000 ton untuk penyaluran bantuan tersebut.

Dengan jumlah stok beras yang dimiliki Bulog saat ini, kebutuhan penyaluran bantuan tersebut sangat tersedia dan mencukupi.

Rencananya, penyaluran untuk Kota Kendari mulai dilakukan pada hari ini, Minggu (18/7/2021), dan segera disusul kabupaten/kota lainnya. (C-Adv)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga