RKPD 2024 Dibahas, Pj Bupati Bombana Minta Perencanaan Sesuai SDA dan Potensi Daerah

Hir Abrianto, telisik indonesia
Kamis, 23 Februari 2023
0 dilihat
RKPD 2024 Dibahas, Pj Bupati Bombana Minta Perencanaan Sesuai SDA dan Potensi Daerah
Pembukaan forum konsultasi publik rencana kerja Pemda Bombana tahun 2024. Foto: Hir Abrianto/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Bombana mulai melakukan pembahasan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024 "

BOMBANA, TELISIK.ID - Pemerintah Kabupaten Bombana mulai melakukan pembahasan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2024.

Dalam pembukaan diskusi Forum Konsultasi Publik RKPD Bombana 2024 yang digelar Kamis (23/2/2023), Kepala Bappeda Bombana, Husrifna mengatakan, Forum Konsultasi Publik RKPD ini menjadi pondasi penetapan APBD Bombana.

Olehnya itu, pihaknya mengharapkan  kolaborasi dalam menyusun program-program yang sesuai dengan cita-cita Undang-Undang yakni untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: PT KIB Nusa Tenggara Timur Diminta Ikut Majukan Free Trade Zone di Perbatasan RI-Timor Leste

"Setelah tahapan forum konsultasi ini, kita akan dilanjutkan dengan musrenbang secara tahap dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten. Dari usulan-usulan yang diterima dari masyarakat ditampung dan analisa baik-baik mana yang menjadi priotitas utama," ucap Husrifna.

Sementara itu, Pj Bupati Bombana, Burhanuddin mengingatkan dalam penyurunan program-program di daerah harus menyesuaikan dengan potensi dan sumber daya yang ada, baik SDA maupun SDM di Bombana.

"Ingat, kembangkan potensi kita melalui perencanaan pembangunan, jangan buat perencanaan yang susah dijangkau, secara teori bagus tapi sulit dijangkau," ucap Burhanuddin.

Pihaknya meminta semua pihak untuk menjadikan kesempatan musrenbang desa, kecamatan hingga kebupaten sebagai media kolaborasi stakeholder untuk mensejahterakan masyarakat dan menjawab masalah yang dihadapi.

"Ayo mulai perencanaan yang mudah direalisasikan, melihat sasaran pembangunan secara objektif dan sesuaikan dengan data yang akurat," cetusnya.

Untuk diketahui, pada penyusunan RKPD Bombana tahun 2024, pemerintah sasaran pembangunan daerah dalam empat skala prioritas.

Baca Juga: Kantor PDAM Kolaka Timur Tak Terawat

Yakni, prioritas I, peningkatan kualitas infrastruktur dasar dan kenektivitas antar wilayah dalam upaya penataan wajah kota dan pemerataan hasil pembangunan.

Prioritas II, peningkatan perekonomian melalui pemberdayaan masyarakat yang berbasis peningkatan nilai tambah sektor keunggulan daerah.

Prioritas III, peningkatan kualitas sumber daya manusia, daya saing ketenagakerjaan serta pengentasan kemiskinan di daerah.

Prioritas IV, yakni reformasi birokrasi dan pelayanan publik berkualitas. (B)

Penulis: Hir Abrianto

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga