RKPD 2025, Infrastruktur Jalan Jadi Usulan Prioritas di Buton Selatan

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Rabu, 28 Februari 2024
0 dilihat
RKPD 2025, Infrastruktur Jalan Jadi Usulan Prioritas di Buton Selatan
Kepala Bappeda Buton Selatan, Amir Sarlito saat diwawancarai pada acara penyusunan RKPD Buton Selatan Tahun 2025. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) untuk Kabupaten Buton Selatan tahun 2025 tengah disusun. Segala usulan dari masing-masing kecamatan jadi program prioritas, khususnya infrastruktur jalan di dua kecamatan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) untuk Kabupaten Buton Selatan tahun 2025 tengah disusun. Segala usulan dari masing-masing kecamatan jadi program prioritas, khususnya infrastruktur jalan di dua kecamatan.

Dua Kecamatan tersebut, yakni Kecamatan Batu Atas dan Kecamatan Lapandewa yang masuk wilayah Kabupaten Buton Selatan.

Kedua Kecamatan itu secara letak geografis sangat jauh dari pusat Ibu Kota Buton Selatan dan masih ada perbaikan jalan yang harus dikerjakan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Buton Selatan, Amir Sarlito menyebutkan, setidaknya terdata tiga usulan prioritas yang masuk dari Kecamatan Batu Atas.

Usulan tersebut diantaranya adalah pembangunan pelabuhan feri, rehabilitasi pelabuhan rakyat di Batu Atas timur, dan rekonstruksi jalan dari Batu Atas timur ke Batu Atas Barat.

Baca Juga: DPPKB Buton Selatan Libatkan Tim Pendamping Keluarga Turunkan Stunting

Lebih lanjut, ia mengaku, infrastruktur jalan pada wilayah Batu Timur menuju Batu Atas Barat cukup ekstrim.

"Itu yang kita prioritaskan untuk infrastruktur di Kecamatan Batu Atas tahun 2025," ungkapnya kepada Telisik.id, Rabu (28/2/2024).

Amir juga mengungkapkan, untuk Kecamatan Lapandewa meminta agar dibuatkan rekayasa jalan khususnya di wilayah Warope dan beberapa peningkatan layanan dasar, khususnya puskesmas yang harus ditingkatkan kapasitasnya.

Sejauh ini, kata dia, aspirasi dari desa yang dibawa oleh pihak pemerintah kecamatan diselaraskan dengan pihak OPD terkait. Dimana pada proses desk setiap kepala camat mengusulkan program prioritasnya pada tiga sektor yang telah dibagi pada jalannya RKPD.

Hasil usulan dari masing-masing kecamatan yang ditujukan pada tiga sektor tersebut nantinya akan dibawa pada forum Musrembang tingkat kabupaten pada 9 Maret 2024 mendatang.

Ia menambahkan, yang menjadi target program prioritas dan strategis RKPD 2025 yang diupayakan diantaranya pertumbuhan peningkatan ekonomi, penanganan stunting, penuntasan kemiskinan ekstrim dan penerapan pemerintahan berbasis elektronik, dan wajah Ibu Kota.

Sementara itu, Kepala Kecamatan Lapandewa, Juhia membenarkan bahwa yang menjadi usulan program prioritas pada RKPD untuk tahun 2025 adalah masalah infrastruktur jalan.

"Yang saya harap di tahun 2025 lanjutan pembangunan jalan di Desa Burangasi - Rumbia dan Guardrail," katanya.

Ia berharap di tahun 2025 lanjutan pembangunan infrastruktur jalan di Desa Burangasi - Rumbia dapat dikerjakan kembali.

Pembangunan infrastruktur jalan menjadi penting karena setiap hari aktifitas masyarakat, terutama para penjual ikan kering terbilang sangat aktif melintasi ruas jalan tersebut.

Baca Juga: Cegah Inflansi, Pemkab Buton Selatan Soroti Papalele Ikan

Sehingga dengan lanjutan pembangunan ini ditargetkan dapat langsung pada akses tepi pantai. Sehingga dapat membantu masyarakat di wilayah Burangasi dan Rumbia yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan.

Kemudian yang menjadi usulan prioritas dari Kecamatan Lapandewa lainnya yakni guardrial jalan. Dimana ada satu titik ruas jalan di Kecamatan Lapandewa yang disinyalir menjadi rawan kecelakaan, sebab tidak adanya pembatas di tepi jalan dan petunjuk jalan.

Ia juga mengungkapkan, ruas jalan tersebut berada di kawasan Lapandewa Kaindea. Di ruas jalan tersebut selalu membuat para pengendara, khususnya roda dua sering kali tidak mengetahui bahwa terdapat pembelokan dan jurang.

Ia juga telah menyampaikan hal tersebut pada OPD teknis terkait yakni Dinas Perhubungan Buton Selatan yang menjadi penanggung jawab guardrial pada ruas jalan Lapandewa Kaindea.

"Sudah saya komunikasikan, Dinas Perhubungan sudah mengakomodir," tutupnya. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga