Rp 13 Miliar Per Tahun untuk Kesehatan Masyarakat Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 11 Maret 2023
0 dilihat
Rp 13 Miliar Per Tahun untuk Kesehatan Masyarakat Muna Barat
UHC Muna Barat menyentuh angka 100 persen, pemerintah daerah akan mendapat penghargaan dari Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Kesehatan masyarakat di Muna Barat dijamin 100 persen, pemerintah daerah setempat siapkan anggaran BPJS kisaran Rp 13 miliar per tahun "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Kesehatan masyarakat di Muna Barat dijamin 100 persen, pemerintah daerah setempat siapkan anggaran BPJS kisaran Rp 13 miliar per tahun.

Jaminan kesehatan bagi masyarakat secara menyeluruh itu sebagai salah satu bentuk pemerintah daerah mendukung program nasional dalam hal menjamin kesehatan masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan Universal Health Coverage (UHC) Muna Barat yang menyentuh angka 100 persen.

Untuk itu, Pemkab Muna Barat mendapat penghargaan dari Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Sembako, Muna Barat Pasok dari Luar Daerah

Berdasarkan undangan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Efeendy mengatakan, pemberian reward bagi Kabupaten Muna Barat akan diserahkan oleh Wakil Presiden RI.

"Diserahkan oleh Ma'ruf Amin yang digelar di Balai Sudirman, Jakarta, pada Selasa 14 Maret 2023," ungkapnya.

Selanjutnya, Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, pemkab telah menjaminkan kesehatan kepada seluruh masyarakat melalui BPJS Kelas III secara gratis, terkecuali peserta penerima bantuan iuran (PBI) dan pekerja penerimah upah (PPU).

Alasannya, peserta PBI telah terdaftar dan dibayarkan melalui APBN sementara PPU telah dibayarkan BPJS Kesehatan melalui APBD. Selain itu, pemerintah daerah juga akan menyiapkan pelayanan BPJS bagi ODGJ, disabilitas, serta bayi baru lahir.

"UHC kita sudah 100 persen di luar PBI dan PPU, jadi kita diundang terima penghargaan karen UHC 100 persen," ungkap Bahri, Sabtu (11/3/2023).

Baca Juga: Jaringan Internet Kendala Program Merdeka Belajar di Muna Barat

Menurutnya, UHC ialah menerima semua masyarakat guna memberikan kepastian pelayanan apabila warga sakit langsung mendapat pelayanan kesehatan secepatnya dengan asas gotong royong, dengan memberi kesempatan untuk masyarakat yang belum tercover serta memberi pelayanan kesehatan pada masyarakat tidak lagi menunggu waktu lama.

"Prioritas utama program UHC adalah masyarakat kurang mampu yang belum terdaftar kepesertaan JKN," jelasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga