Rp 2,2 Miliar Dana Hibah Rumah Ibadah di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Selasa, 11 April 2023
0 dilihat
Rp 2,2 Miliar Dana Hibah Rumah Ibadah di Muna Barat
Pemberian dana hibah bagi pembangunan rumah ibadah dan lembaga keagamaan di Muna Barat. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Pemerintah Kabupaten Muna Barat menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,2 miliar bagi umat beragama "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Komitmen mewujudkan penguatan lembaga dan sarana keagamaan, pemerintah Kabupaten Muna Barat menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,2 miliar bagi umat beragama.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan pemerintah setiap tahun melakukan program peningkatan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui APBD, yang salah satu kegiatannya adalah pembangunan dan rehabilitasi rumah ibadah.

"Ini menjadi sasaran kegiatan Bagian Kesra, sehingga tiap tahunnya kita menganggarkan bantuan hibah untuk rumah ibadah," ungkap Bahri.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Muna Barat, La Karimu mengatakan, Rp 2,2 miliar anggaran yang disiapkan, untuk disalurkan ke 38 pembuatan rumah ibadah dan empat lembaga keagamaan, yakni Baznas, LPTQ, PHDI, dan TPQ-Asyafiyah.

Baca Juga: Muna Barat Menanti Dana Hibah Janji Gubernur

Baca Juga: DPRD Sulawasi Tenggara Tetapkan Dana Hibah Muna Barat Rp 15 Miliar

"Untuk 38 rumah ibadah yaitu 34 untuk pembangunan atau renovasi masjid, serta empat untuk pembangunan pura," ungkapnya, Selasa (11/4/2023).

Karimu menambahkan, besaran dana hibah berdasarkan tingkat kebutuhan kegiatan yang diusulkan oleh tiap umat beragama. Dan pemerintah menyesuaikan dengan kondisi keuangan daerah, sehingga ada perbedaan dana antara rumah ibadah yang mulai membangun dan hanya melakukan renovasi.

"Jadi dana yang diberikan bagi rumah ibadah senilai Rp 50 juta sampai Rp100 juta itu baru dibangun. Kalau untuk pengisian sound system dan sebagainya mencapai Rp 20 sampai Rp 15 juta," pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga