RPH Kendari Layak dan Siap Layani Pemotongan Hewan Kurban

Mardianto, telisik indonesia
Kamis, 13 Juni 2024
0 dilihat
RPH Kendari Layak dan Siap Layani Pemotongan Hewan Kurban
Pengawasan kesiapan RPH jelang Idul Adha oleh Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sulawesi Tenggara. Foto: Mardianto/Telisik

" Empat hari menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, Distanak Sulawesi Tenggara memantau kesiapan dan kelayakan tempat penyembelihan dan pemotongan hewan di Rumah Potong Hewan (RPH) Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID - Empat hari menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara memantau kesiapan dan kelayakan tempat penyembelihan dan pemotongan hewan di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Kendari, Kamis (13/6/2024).

Selain itu, meninjau kandang penampungan hewan serta memastikan kelayakan sapi-sapi yang masuk di RPH sehat dan layak untuk dijadikan hewan  kurban.

Kunjungan Kepala Distanak Provinsi Sulawesi Tenggara, La Ode Muh. Rusdin Jaya, sekaligus melihat kesiapan RPH Kendari dalam penyelenggaraan pemotongan hewan kurban.

"Jadi kunjungan kita kali ini adalah memastikan kesiapan dan pelayanan di RPH bisa dilakukan secara maksimal jangan sampai ada hewan kurban yang datang untuk disembelih, ternyata peralatan belum siap. Selain itu juga kami memastikan kalau sapi-sapi yang masuk di RPH adalah sapi yang sehat dan layak dijadikan hewan kurban," jelas Rusdin.

Setelah pemantauan di RPH, Rusdin mengatakan bahwa RPH siap melayani masyarakat untuk penyembelihan kurban.

Baca Juga: Penyembelihan Hewan Qurban di UPTD RPH Kendari Terbuka untuk Umum, Asal Memenuhi Syarat ini

"Alhamdulillah hari ini cukup, kita  melihat bahwa RPH ini sudah siap untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat untuk penyembelihan hewan kurban yang ada di Kota Kendari," tambah Rusdin.

Santiwati, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Kendari, mengimbau agar masyarakat melakukan pemotongan hewan kurban di RPH.

Kalaupun melakukan pemotongan hewan kurban di luar RPH, maka akan tetap diawasi oleh pihak dinas dan tim lainnya yang sudah dibentuk.

"Kalaupun pemotongan di luar RPH seperti di masjid, kami sudah berkoordinasi dengan Bagian Kesra dan setiap kecamatan, nanti dikomandani oleh dokter hewan," ujar Santiwati.

Untuk pengawasan ini, pihak Dinas Pertanian Kota Kendari juga dibantu oleh Distanak Provinsi Sultra, PDHI, Balai Karantina dan tahun ini juga dibantu dari Fakultas Peternakan UHO.

Baca Juga: DPRD dan Pemkot Pantau Persiapan RPH Kota Kendari Jelang Idul Adha 2023

Dikatakan, saat ini belum ada sapi yang dibawa oleh masyarakat ke RPH untuk disembelih menjelang Idul Adha. Namun RPH tetap menanti dan siap melayani.

Menurut Sudirman, Kepala RPH, untuk Idul Adha memang kurang orang yang datang membawa sapi untuk dipotong di RPH. Berbeda dengan Idul Fitri, dalam sehari RPH bisa memotong sampai 20 ekor sapi atau lebih. Tentu setelah melewati proses pemeriksaan oleh dokter hewan, post mortem dan anti mortemnya.

"Untuk sehari-hari dari RPH kurang lebih 20 ekor yang dipotong. Kalau Idul Adha begini sama biasanya, kecuali Idul Fitri ada peningkatan. Kemudian RPH kita ini, semenjak masuk ternak itu akan diperiksa oleh dokter hewan pada sore harinya. Setelah dipotong juga akan diperiksa," jelas Sudirman. (A)

Penulis: Mardianto

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga