RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara Tingkatkan Pelayanan Rehabilitasi Medik

Ana Pratiwi, telisik indonesia
Kamis, 24 Agustus 2023
0 dilihat
RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara Tingkatkan Pelayanan Rehabilitasi Medik
Instalasi rehabilitasi medik merupakan pelayanan kesehatan terhadap gangguan baik yang bersifat fisik maupun gangguan fungsi. Foto: Ana Pratiwi/Telisik

" RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan rehabilitasi medik sebagai rumah sakit rujukan "

KENDARI, TELISIK.ID - RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan rehabilitasi medik sebagai rumah sakit rujukan.

Kepala Bidang Pelayanan Medis RSU Bahteramas, Dr. Andi Edi Surahmat mengatakan, untuk pelayanan rehabilitasi medik sebenarnya sudah lama ada sejak awal berdiri RSU Bahteramas.

"Sejak belum pindah kesini itu sudah ada namanya Fisioterapi bahkan alat-alatnya sudah ada, namun kendalanya saat itu belum ada dokter spesialis," ungkapnya.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya sudah memiliki 1 dokter spesialis untuk rehabilitasi medik serta alat-alat untuk ruangan yang semakin lengkap.

Sementara itu, Kepala Ruangan Rehabilitasi Medik, dr. Pricilya Sangkoy, Sp, KFR RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara mengatakan, untuk alat-alat rehabilitasi kita sudah lengkap dan banyak.

Baca Juga: Pelayanan Perawat dan Dokter yang Kurang Baik di Rumah Sakit Disoal

"Untuk fisioterapi kita pakai alat-alat modalitas ada diatermy, stimulasi listrik, serta alat terapi fisik," ungkapnya.

Untuk terapi fisik, Ia menjelaskan ada alat untuk latihan lutut, bahu, serta ada set it cycle elektrik untuk pasien dengan penyakit stroke dan masih banyak lagi.

Pararel Bar Fisioterapi adalah alat yang digunakan untuk latihan berjalan pada pasien dengan gangguan berjalan seperti stroke, hemi parese, para parese dan lainyya. Foto: Ana/Telisik

 

"Karena kalau orang kena stroke itu tidak bisa gerakkan kakinya, jadi yang kita punya ini yang elektrik," ungkapnya.

Ia membeberkan untuk alat terapi modalitas di RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara, sudah terhitung banyak sekali dan lengkap serta menargetkan untuk pengobatan stroke selama 6 bulan melakukan terapi sudah mengalami perubahan.

Infra Red Lamp Radiation (IRR) merupakan terapi menggunakan gelombang elektromagnetik infra merah. Foto: Ana/Telisik

 

Melansir dari rshs.or.id pelayanan rehabilitasi medik merupakan pelayanan kesehatan terhadap gangguan fisik dan fungsional yang diakibatkan oleh keadaan atau kondisi sakit, penyakit, atau cedera melalui panduan intervensi medik, keterapian fisik dan atau rehabilitatif untuk mencapai kemampuan fungsi yang optimal.

Baca Juga: Rumah Sakit Gdansk Gunakan Robot Operasi Saluran Kemih di Polandia

Tujuan pelayanan rehabilitasi medik adalah:

1. Mengatasi keadaan/kondisi sakit melalui paduan intervensi medis, keterapian fisik, keteknisian medis, dan tenaga lain yang terkait.

2. Mencegah komplikasi akibat tirah baring dan atau dampak penyakit yang mungkin membawa kecacatan.

3. Memaksimalkan kemampuan fungsi, meningkatkan aktivitas dan partisipasi pada difabel.

4. Mempertahankan kualitas hidup dan mengupayakan kehidupan yang berkualitas. (A-Adv)

Penulis: Ana Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga