RSUD Antero Hamra Kota Kendari Resmi Beroperasi, Ini Fasilitasnya

Sumarlin, telisik indonesia
Rabu, 29 November 2023
0 dilihat
RSUD Antero Hamra Kota Kendari Resmi Beroperasi, Ini Fasilitasnya
Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mencoba salah satu fasilitas medis di RSUD Antero Hamra, disaksikan Ketua DPRD Kota Kendari dan Kepala RSUD Antero Hamra. Foto: Sumarlin/Telisik

" RSUD Antero Hamra memiliki 67 tempat tidur, dilengkapi alat kesehatan yang memadai serta ruang ICU, IGD, ruang poli gigi, poli anak, poli bedah, dan memiliki empat dokter spesialis dasar "

KENDARI, TELISIK.ID - Fasilitas kesehatan Kota Kendari bertambah lagi setelah Pj wali kota meresmikan penggunaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Antero Hamra di Kecamatan Puuwatu Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (29/11/2023)

Rumah sakit type D ini memiliki sarana prasarana sekelas rumah sakit type C, dimana saat ini RSUD Antero Hamra memiliki 67 tempat tidur, serta dilengkapi dengan alat kesehatan yang memadai serta dilengkapi dengan ruang ICU, IGD, ruang poli gigi, poli anak, poli bedah, dan memiliki empat dokter spesialis dasar.

Selain itu, RSUD yang dibangun menggunakan dana pemulihan ekonomi nasional (PEN), juga dilengkapi dengan empat unit kendaraan operasional yakni satu unit ambulance gawat darurat, dua unit ambulance transport, dan satu mobil jenazah.

Saat peresmian, Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, juga mencoba fasilitas medis yang ada di rumah sakit itu.

"Kita berharap semua, semoga bangunan ini senantiasa diberkahi oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala menjadi tempat pelayanan bagi masyarakat Kota Kendari dan sekitarnya, semoga ke depan dengan hadirnya gedung ini akan semakin meningkatkan semangat dan effort kita melayani masyarakat," ungkap Asmawa.

Baca Juga: RSUD Bahteramas Rayakan HUT ke-53 dengan Berbagai Kegiatan Menarik

Orang nomor satu di Kota Kendari ini berharap, para dokter dan tenaga kesehatan di RSUD Antero Hamra bisa mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih optimal untuk meningkatkan derajat masyarakat Kota Kendari secara khusus dan masyarakat Sulawesi Tenggara umumnya.

Pembangunan rumah sakit Antero Hamra sangat penting dalam rangka menambah fasilitas kesehatan (faskes) di Kota Kendari. Selain itu, kehadiran RSUD Antero Hamra diharapkan bisa mengakomodir masyarakat yang bermukim di Kecamatan Puuwatu termasuk daerah tetangga seperti masyarakat Kabupaten Konawe dan Konawe Utara (Utara).

Kepala RSUD Antero Hamra, dr Fatma menuturkan, RSUD Antero Hamra memiliki konsep minimalis dan layanan terintegrasi yang sangat baik dalam rangka memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Rumah sakit ini mengusung konsep layanan keberlanjutan. Layanannya sinkron misalnya dari ruang dari IGD (Instalasi Gawat Darurat) langsung ke ruang operasi, atau ke ruang perawatan lainnya,” katanya.

Baca Juga: Tak Perlu Ngantre Obat, Intip Inovasi Terbaru RSUD Kota Kendari

RSUD Antero Hamra dibangun menggunakan dana PEN sebesar Rp 88 miliar, berlokasi di Jalan Chairil Anwar, Kecamatan Puuwatu. Rumah sakit tersebut dibangun 2 lantai, luas gedung mencapai 6.900 m².

Di areal rumah sakit terdapat jalan sebagai akses, area pakir, dan ruang terbuka hijau (RTH). Seluruh fasilitas dihadirkan untuk menunjang kenyamanan masyarakat yang datang berobat misalnya ruang rawat jalan, ruang Instalasi Gawat Darurat, ruang rawat inap, ruang perawatan ICU, ruang kebidanan dan penyakit kandungan dan ruang poli.

Selanjutnya, ada ruang tindakan bedah, operasi, farmasi, radiologi, sterilisasi, laboratorium klinik, ruang rehabilitasi medik, ruang kantor dan administrasi, ruang jenazah, ruang dapur dan gizi, laundry, dan ruang mekanik. (B)

Penulis: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga