RSUD Bahteramas Gelar Donor Darah dan Launching Aplikasi Lingkar Donor

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 20 Oktober 2022
0 dilihat
RSUD Bahteramas Gelar Donor Darah dan Launching Aplikasi Lingkar Donor
UTD RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar donor dan melaunching aplikasi lingkar donor dalam rangka HUT RSUD Bahteramas ke-52. Foto: Musdar/Telisik

" Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara, menggelar donor darah dan melaunching aplikasi lingkar donor "

KENDARI, TELISIK.ID - Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara, menggelar donor darah dan melaunching aplikasi lingkar donor.

Ini dilakukan dalam rangka HUT RSUD Bahteramas ke-52 pada 20 Oktober 2022.

Penanggung Jawab UTD RS Bahteramas, dr Yuliyanti Yasin MKes Sp.,PK mengatakan, donor darah dilakukan setiap tahun saat HUT RSUD Bahteramas.

Baca Juga: Perpustakaan Modern Sulawesi Tenggara dalam Pusaran Game Online

"Spesialnya tahun ini karena ada launching aplikasi lingkar donor," ucap dr Yuliyanti Yasin.

Dokter Yuliyanti Yasin menerangkan, aplikasi lingkar donor diadakan untuk pemenuhan kebutuhan darah. Lewat aplikasi dapat membantu memperoleh pendonor maupun tempat untuk mendonor.

Beberapa orang tengah mendonorkan darahnya di RSUD Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Musdar/Telisik

 

Dijelaskan kebutuhan darah di RSUD Bahteramas saat ini mencapai menjadi 600 kantung per bulan.

Jumlah tersebut naik dua kali lipat dibanding saat pandemi belum melandai. Di mana setiap bulan kebutuhan darah di RSUD Bahteramas hanya 300 kantung.

Di sisi lain kegiatan mobile donor darah dibatasi, begitu juga ketersediaan darah di RS Palang Merah Indonesia (PMI) terbatas.

Sehingga RS Bahteramas memanfaatkan UTD untuk melakukan kegiatan donor darah.

Baca Juga: KPU se-Indonesia Rakor Pembentukan Badan Ad Hoc di Kota Kendari

"Jadi kita usahakan bisa kita penuhi untuk RS, karena Bahteramas adalah RS pusat rujukan jadi paling banyak yang butuh darah itu di sini. Sehingga kita cari cara salah satunya dengan aplikasi lingkar donor," jelasnya.

Salah satu pendonor Rani, mengaku senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan donor darah RSUD Bahteramas.

"Saya lihat stori WhatsApp flayernya makanya saya datang untuk mendonor. Mudah-mudahan RS Bahteramas makin sukses dan pelayanannya makin oke," harapnya. (B-Adv)

Penulis: Musdar

Editor: Kardin

Baca Juga