adplus-dvertising

RSUD Disiapkan Khusus Pasien COVID-19, Puskemas di Kendari Bakal Tampung Pasien Umum

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 24 Juli 2021
1539 dilihat
RSUD Disiapkan Khusus Pasien COVID-19, Puskemas di Kendari Bakal Tampung Pasien Umum
Pasien rawat inap. Foto: Repro pfimegalife

" Apabila RSUD Kota Kendari nantinya hanya akan dikhususkan pada penanganan pasien yang terkonfirmasi COVID-19 "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 15 Puskesmas di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), akan dioptimalkan untuk merawat pasien umum atau non COVID-19.

Hal tersebut dilakukan, apabila RSUD Kota Kendari nantinya hanya akan dikhususkan pada penanganan pasien yang terkonfirmasi COVID-19.

"Nantinya kalau memang betul-betul RSUD terisi penuh dengan pasien COVID-19, maka otomatis pasien non Covid bisa dimaksimalkan ditampung di Puskesmas, maupun di RS Swasta di Kota Kendari," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, dr Rahminingrum, Sabtu (24/7/2021).


Sementara untuk kebutuhan dokter spesialis di Puskesmas nantinya, Pemerintah Kota Kendari yang akan mengaturnya.

"Nanti bisa dibicarakan, kebutuhan dokter spesialis bisa di KSO (Kerjasama Operasional) atau dikerjasamakan, paling tidak dokter spesialis yang ada di RSUD Kota Kendari. Artinya, yang tidak merawat COVID-19 bisa secara bergiliran di Puskesmas, kalau hal itu terjadi," jelasnya.

Baca Juga: Tata Batas Kota, DLHK Kendari Bakal Gandeng Komunitas Lingkungan

Baca Juga: Wali Kota Tertolong Setelah Diserang Varian Delta, Gejalanya Ringan karena Vaksin

Sementara itu, Direktur RSUD Kendari, dr Sukirman mengatakan, saat ini RSUD masih menerima pasien umum. Namun, apabila COVID-19 di Kendari semakin tidak terkendali berdasarkan kebijakan Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, maka RSUD akan dioptimalkan untuk menangani pasien COVID-19 saja.

"Kalau terjadi hal yang kita tidak kehendaki, maka mau tidak mau pasien umum harus dipindahkan di Rs lain," jelasnya. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga