RSUD Kota Kendari Punya Alat Uji Swab COVID-19

Musdar, telisik indonesia
Selasa, 07 April 2020
0 dilihat
RSUD Kota Kendari  Punya Alat Uji Swab COVID-19
RSUD Kota Kendari. Foto: Musdar/Telisik

" Kalau sudah diregistrasi, kan kita tidak perlu ke Makassar lagi menunggu hasil tesnya. Jangan menunggu lama, orang sudah mati baru diketahui kalau dia positif atau tidak. Proses penyebaranya sudah terjadi, tapi tidak ada langkah yang prepentif "

KENDARI, TELISIK.ID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari kini sudah memiliki alat laboratorium Swab tes untuk mendeteksi diagnosa status pasien COVID-19.

Hanya saja, penggunaan alat tersebut harus melalui izin dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kesehatan (Kemenkes) atas rekomendasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Informasi keberadaan alat tersebut diketahui oleh Komisi III DPRD Kota Kendari saat menggelar rapat bersama Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman.

Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, LM Rajab Jinik, menerangkan jika alat tersebut sudah mendapatkan izin dari kementerian dan bisa digunakan, maka pihak rumah sakit tidak perlu lagi melakukan tes swab tenggorok pasien ke Balitbangkes Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Kalau sudah diregistrasi, kan kita tidak perlu ke Makassar lagi menunggu hasil tesnya.  Jangan menunggu lama, orang sudah mati baru diketahui kalau dia positif atau tidak. Proses penyebaranya sudah terjadi, tapi tidak ada langkah yang prepentif," beber Rajab melalui sambungan telepon, Selasa (7/4/2020).

"Kasihan orang-orang yang di RS tadi, ada 6 orang ODP, dan sampai hari ini belum ditahu hasil tesnya, apakah negatif atau positif, karena masih menunggu lama. Padahal kasihan mereka itu ditempatkan di ruang yang tidak ber AC," tambahnya.

Oleh karena itu, DPRD Kota Kendari  meminta kepada Gubernur Sultra, Ali Mazi untuk mengusulkan di Kemenkes soal registrasi fungsi Laboratorium Swab tes bagi pasien status ODP dan PDP.

Tak hanya di RSUD Kota Kendari, Politisi Golkar ini yakin dengan anggaran penanganan COVID-19 mencapai Rp 300 miliar, RSU Bahtermas juga sudah memiliki alat Swab tes tenggorok pada pasien.

Dihubungi terpisah Direktur RSUD Kota Kendari, dr. Sukirman, mengatakan hal serupa bahwa RSUD sudah memiliki alat laboratorium swab tes, hanya saja belum dapat difungsikan.

"Yah harus ada izin dari Kemenkes," singkatnya.

Sukirman menjelaskan bahwa, alat yang dimaksud adalah alat laboratorium untuk swab tes bagi pasien untuk mengetahui seorang pasien positif/negatif terinveksi COVID-19.

Reporter: Musdar

Editor: Sumarlin

Baca Juga