Rumah Sakit Bahteramas Kendari Siap Terapkan KRIS 2024

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 02 Februari 2023
0 dilihat
Rumah Sakit Bahteramas Kendari Siap Terapkan KRIS 2024
RSU Bahteramas Kendari perbaiki sarana dan prasarana menuju KRIS 2024. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Rumah Sakit Umum (RSU) Bahteramas Kota Kendari mengadakan forum konsultasi pelayanan publik bertemakan pengembangan sarana dan prasarana ruang rawat inap RSU Bahteramas menuju kelas rawat inap standar (KRIS) 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Rumah Sakit Umum (RSU) Bahteramas Kota Kendari mengadakan forum konsultasi pelayanan publik bertemakan pengembangan sarana dan prasarana ruang rawat inap RSU Bahteramas menuju kelas rawat inap standar (KRIS) 2024.

KRIS sendiri merupakan salah satu pelaksanaan Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan tentang RS penyelenggara uji coba penerapan kelas rawat inap standar jaminan kesehatan nasional, dengan menyiapkan 12 kriteria sarana dan prasarana yang dititik beratkan pada sisi nonmedis.

12 kriteria itu di antaranya, bahan bangunan di rumah sakit tidak memiliki porositas yang tinggi, ventilasi udara, pencahayaan ruangan, kelengkapan tempat tidur, tersedia nakes satu per tempat tidur, dapat mempertahankan dengan stabil suhu ruangan 20-26 derajat celcius, ruangan terbagi jenis kelamin, usia, jenis penyakit, kepadatan ruang rawat dan kualitas tempat tidur, tirai atau partisi rel dibenamkan atau menempel plafon dan bahan tidak berpori, kamar mandi di dalam ruangan inap, kamar mandi sesuai standar aksesibilitas, outlet oksigen.

Baca Juga: RS Bahteramas Siap Pertahankan Akreditasi Paripurna 2023

Direktur RSU Bahteramas, dr Hasmudin mengatakan, ke depan RS Bahteramas akan memberikan pelayanan yang terbaik paripurna karena merupakan RS rujukan di Sulawesi Tenggara, dan setelah dievaluasi dengan kriteria KRIS yang diberikan oleh pemerintah, RS Bahteramas 75 persen sudah memenuhi syarat.

RSU Bahteramas Kendari perbaiki sarana dan prasarana menuju KRIS 2024. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

 

"Ada beberapa yang harus kita penuhi tahun ini dan akan menjadi prioritas yang akan kita tindak lanjuti, supaya RS Bahteramas ini bisa menjalankan semua kriteria aturan-aturan dari pemerintah maupun BPJS," ujar Hasmudin, Kamis (2/2/2023).

Sementara Ketua Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Sulawesi Tenggara, dr Asridah Mukaddim mengatakan, adanya standarisasi dari KRIS diharapkan RS Bahteramas dapat memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pasien.

Baca Juga: RSUD Bahteramas Gelar Donor Darah dan Launching Aplikasi Lingkar Donor

"Saya melihat RS Bahteramas ini perkembangannya dari hari ke hari begitu signifikan, mulai dari tata kelola ruangannya, standar tempat tidur, kamar mandi, gorden, dan cara-cara memberikan pelayanannya," ujar Asridah.

RSU Bahteramas Kendari perbaiki sarana dan prasarana menuju KRIS 2024. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

 

Dalam kesemoatan itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Kendari, dr Algazali Amirullah juga mengatakan, sebagai seorang pelayan kesehatan, harus memberikan yang terbaik, meningkatkan etos kerja dan mencintai profesi. (A-Adv)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEW

Baca Juga