Rumah Sakit Gdansk Gunakan Robot Operasi Saluran Kemih di Polandia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 08 Maret 2023
0 dilihat
Rumah Sakit Gdansk Gunakan Robot Operasi Saluran Kemih di Polandia
Sebuah rumah sakit di Gdansk gunakan robot dalam membantu pengoperasian pada anak-anak. Foto: Repro Thefirstnews.com

" Rumah Sakit di Gdansk menggunakan robot untuk membantu melakukan operasi "

JAKARTA, TELISIK.ID - Sebuah rumah sakit di Gdansk gunakan robot dalam membantu pengoperasian pada anak-anak. Rumah sakit ini merupakan rumah sakit pertama di Polandia yang menggunakan robot untuk membantu melakukan operasi.

Operasi yang dilakukan adalah operasi onkologi dan saluran kemih, terhadap tiga anak perempuan dipantau tim Prancis-Polandia di Rumah Sakit University Clinical Center (UCK).

Ketiga operasi dilakukan oleh ahli Prancis Prof Thomas Blanc dari Rumah Sakit Necker-Enfants Malades di Paris. Dia dibantu oleh spesialis Polandia dari Departemen Bedah dan Urologi untuk anak dan remaja.

Di antara tiga operasi yang dibantu robot, satu melibatkan pengangkatan kista adrenal, yang lain tumor pankreas, dan satu lagi dilakukan untuk memperbaiki cacat saluran urologi dalam bentuk hidronefrosis seperti dilansir dari Sindonews.com.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Pintu Rahasia Piramida Giza di Mesir

Prof. Piotr Czauderna, Kepala Departemen Bedah dan Urologi untuk anak dan remaja di UCK, yang terlibat dalam prosedur tersebut, mengatakan operasi robot membawa potensi keuntungan dan kemungkinan yang sangat besar bagi pasien muda dan dokter.

"Tentu saja tingkat presisi dan kemudahan yang lebih tinggi dalam melakukan operasi oleh ahli bedah setelah mereka mendapatkan pengalaman," ujarnya dikutip dari Thefirstnews.com.

Baca Juga: Doomsday Glacier Meleleh Picu Kenaikan Air Laut Dahsyat

Ia juga mengatakan dengan adanya bantuan robot tersebut memungkinkan menghilangkan kesulitan lainnya selama proses operasi. Dokter di UCK berharap dapat melakukan 40-50 operasi menggunakan bantuan robot per tahun, tetapi robot tersebut tidak akan berada di UCK secara permanen. Robot-robot itu hanya akan dibawa untuk kasus-kasus yang dibenarkan yang telah disepakati dan direncanakan sebelumnya.

UCK mengumumkan keberhasilan operasi di halaman Facebook mereka bersama dengan film pendek dari salah satu dari mereka dan berita bahwa salah satu pasien muda telah dipulangkan. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga