Rusman Emba Tidak Ambisius di Politik

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 13 Februari 2023
0 dilihat
Rusman Emba Tidak Ambisius di Politik
Tokoh pemuda Muna, Dasri Sulawesi bersama Bupati, LM Rusman Emba dan pengamat politik Sulawesi Tenggara, Muhamad Najib Husein. Foto: Ist.

" Sikap Bupati Muna, LM Rusman Emba yang ingin istirahat di Pemilu 2024 cukup mengejutkan publik "

MUNA, TELISIK.ID - Sikap Bupati Muna, LM Rusman Emba yang ingin istirahat di Pemilu 2024 cukup mengejutkan publik.

Sejumlah kalangan ada yang menyayangkan dan ada pula mendukung langkah yang diputuskan pria yang karib disapa RE itu.

Tokoh Pemuda Muna, Dasri Sulawesi berpandangan, sikap yang diambil RE itu bukti, bahwa tidak ambisius dalam politik. Hal tersebut bisa menjadi contoh dan panutan bagi politisi lainnya, jika jabatan tanpa harus dikejar akan datang dengan sendirinya.

"Saya salut dengan keputusan Pak RE yang tidak ambisius dalam politik," kata Dasri, Senin (13/2/2023).

Politisi Golkar itu yakin, dalam memutuskan sikap, RE sudah memperhitungkan dengan matang. Pertama, ketika RE maju di Pilcaleg DPR RI, otomatis akan mengundurkan diri dari jabatan Bupati Muna. Bila itu terjadi, maka masih banyak visi misinya yang belum dituntaskan.

Baca Juga: Rusman Emba Tegas Tak Nyaleg dan Nyagub di Pemilu 2024

Kemudian, ketika maju di pilgub, akan bergesekan dengan Ridwan Bae, sehingga suara masyarakat Muna akan pecah. Nah, peluang perwakilan Muna untuk menjadi Gubernur Sulawesi Tenggara akan sulit tercapai.

Pengamat politik Sulawesi Tenggara, Muhamad Najib Husein menganggap, keputusan RE akan menjadi berkah bagi Ridwan Bae. Karena, sudah pasti cagub dari Muna tidak akan pecah, kendati masih ada La Ode Ida.

Di sisi lain, pernyataan RE yang akan istirahat dalam politik, akan semakin mensolidkan tim pemenangan. Pasalnya, selama ini, RE dan Ridwan punya tim yang beririsan.

"Keputusan RE harus dimanfaatkan oleh Ridwan, karena selama ini, Muna hanya selalu berposisi sebagai pendukung dan penentu suara kemenangan calon gubernur," ungkapnya.

Sementara itu, Rusman menegaskan, tidak akan maju bertarung di Pemilu 2024. Ia akan fokus menyelesaikan persoalan-persoalan di Bumi Sowite hingga masa jabatannya berakhir di tahun 2024.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Rusman Emba di Pilgub Sulawesi Tenggara

"Masih banyak yang harus saya kerjakan untuk Muna," tegasnya.

Rusman mengaku, punya niatan nyaleg dan nyagub. Namun, karena pertimbangan senioritas dengan Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara, Lukwan Abunawas (LA), Ketua KKSS Sulawesi Tenggara, Andi Sumangerukka (ASR) dan Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae, ia mengurungkan niatnya. Lebih baik, ia fokus memajukan Bumi Sowite.  

"Prinsip saya dalam politik, hargai senioritas. Jabatan itu hanya titipan, tanpa dikejar akan datang sendirinya," timpalnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga