Rutinitas Ziarah Kubur Usai Salat Idul Fitri, TPU Punggolaka Macet Total

Thamrin Dalby, telisik indonesia
Rabu, 10 April 2024
0 dilihat
Rutinitas Ziarah Kubur Usai Salat Idul Fitri, TPU Punggolaka Macet Total
Kemacetan total yang terjadi di jalan masuk TPU Punggolaka, Kota Kendari. Foto: Thamrin Dalby/ Telisik

" Ratusan warga Kota Kendari mendatangi TPU Punggolaka usai melaksanakan salat Idul Fitri, untuk melakukan ziarah kubur sanak saudara yang telah wafat. Hal ini menyebabkan kemacetan total di jalan masuk area TPU "

KENDARI, TELISIK.ID - Ratusan warga Kota Kendari mendatangi TPU Punggolaka usai melaksanakan salat Idul Fitri, untuk melakukan ziarah kubur sanak saudara yang telah wafat. Hal ini menyebabkan kemacetan total di jalan masuk area TPU, Rabu (10/4/2024).

Salah seorang warga yang berkunjung di pemakaman tersebut mengungkapkan bahwa sudah hampir satu jam ia tidak dapat berbuat apa-apa dikarenakan mobil yang ia kendarai tak bisa bergerak karena terjebak macet.

"Susah pak, karena tidak ada yang mengatur," ujar Muhammad Kevin.

Jalannya sudah kecil dan kendaraan parkir sembarangan. Selain itu, kendaraan yang masuk dan keluar bertemu di tengah-tengah, hingga kendaraan tidak bisa bergerak.

Baca Juga: TPU Punggolaka Dipadati Ratusan Peziarah, Penjual Bunga dan Tukang Parkir Dadakan Raup Cuan di Hari Raya Idul Adha

"Serba salah, kita mau mundur, banyak kendaraan di belakang. Mau maju, apalagi," tambah Kevin.

Hal serupa dikeluhkan oleh Fadil yang mengaku berangkat ke TPU Punggolaka tepat setelah salat Idul Fitri, untuk menghindari kemacetan.

"Sudah sering terjadi hal semacam ini,  dan hampir tiap tahun menjelang bulan puasa dan Idul Fitri selalu terjadi kemacetan," keluhnya.

Kemacetan disebabkan banyaknya kendaraan parkir seenaknya di pinggir jalan, sehingga jalan tak bisa dilewati kendaraan dari dua sisi.

Baca Juga: Harapan Penjual Bunga pada Peziarah Jelang Ramadan 1444 H

Dan ketika kendaraan yang hendak masuk dan hendak keluar bertemu di tengah-tengah, maka kemacetan pun tak dapat dielakkan.

"Kami juga bingung bagaimana mau keluar," tuturnya.

Ia berharap semoga ke depan pemerintah dapat mencarikan solusi kemacetan yang sering terjadi di TPU Pungolaka setiap Hari Raya Idul Fitri. (A)

Penulis: Thamrin Dalby

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga