Saat Ditangkap, Emak-Emak Penghina Istri Jokowi Sempat Kabur

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 24 Juli 2022
0 dilihat
Saat Ditangkap, Emak-Emak Penghina Istri Jokowi Sempat Kabur
Elsanita, emak-emak yang menghina Iriana Jokowi saat diamankan di Polres Muna. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kepolisian Resort (Polres) Muna bergerak cepat dalam mengungkap perkara dugaan penghinaan terhadap, Iriana, Istri Presiden, Joko Widodo (Jokowi) yang diduga dilakukan Elsanita "

MUNA, TELISIK.ID - Kepolisian Resort (Polres) Muna bergerak cepat dalam mengungkap perkara dugaan penghinaan terhadap, Iriana, Istri Presiden, Joko Widodo (Jokowi) yang diduga dilakukan Elsanita, warga Desa Labone, Kecamatan Lasalepa, Kabupaten Muna melalui video yang diunggah di media sosial twitter dan tik tok.

Tak sampai dua jam pasca video itu viral di media sosial, Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Muna berhasil mengamankan Elsanita di rumahnya  di Desa Labone, Sabtu (23/7/2022) sekira pukul 20.00 Wita.

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin mengatakan, pihaknya mengamankan Elsanita dengan cara persuasif. Namun, saat diminta mengganti pakaian untuk di bawa ke kantor, Elsanita sempat kabur melalui pintu belakang rumah. Kejar-kejaran pun terjadi.

"Elsanita sempat kabur dan didapat di belakang kantor Camat Lasalepa," kata Mulkaifin, Minggu (24/7/2022).

Sejauh ini, penyidik telah memintai keterangan terhadap Elsanita, keluarga dan masyarakat sekitar.

"Untuk lokasi pembuatan video dilakukan dirumahnya," katanya.

Dari pemeriksaan sementara, Elsanita diduga mengalami gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Karenanya, akan dilakukan observasi di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kendari selama 14 hari ke depan.

"Sudah dibawa ke RSJ bersama anggota yang didampingi keluarganya," sebutnya.

Status Elsanita saat ini belum ditetapkan sebagai tersangka. Namun, surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP) tetap akan dikirim ke Kejaksaan.

"Untuk statusnya, kita masih menunggu hasil pemeriksaan kejiwaan," terangnya.

Baca Juga: Diduga Alami Gangguan Jiwa, Emak-Emak di Muna Hina Iriana karena Terobsesi pada Jokowi

Elsanita sendiri telah mengakui perbuatannya membuat video dan mengunggahnya pada akun media sosial. Ada lima video yang Ia buat.  Semuanya, bernada menghina ibu negara. Ia melakukan itu, karena terobsesi dengan Presiden, Jokowi. Ia beranggapan, Jokowi menyukainya, sehingga sengaja meng-upload video di akun sosial medianya dengan tujuan agar Iriana melihatnya dan sakit hati.

Sementara itu, Dasri Sulawesi, warga Desa Labone mengaku, Elsanita bukan warga asli di kampungnya. Hanya saja, sejak kecil, Elsanita diadopsi oleh seorang warga. Elsina pula sempat menjadi honorer di Puskesmas Labone tahun 2015 silam. Setelah itu berhenti untuk merantau di Papua dan mendapatkan suami. Setelah kurang lebih enam tahun, Elsanita baru kembali lagi ke kampung.

"Satu kampung, tahu kondisinya. Agak sedikit kurang waras," tukasnya.

Dalam video yang viral di media sosial, Elsanita melontarkan sejumlah kata yang bernada hinaan kepada Iriana Jokowi. Saat melontarkan hinaan, perempuan tersebut juga meludah.

Tidak hanya melontar kata-kata hinaan, wanita tersebut juga membandingkan dirinya dengan Iriana. Dia mengatakan bahwa dirinya lebih cantik dari Iriana, bahkan menyebut Jokowi lebih memilih dirinya.

"Iriana * busuk, bandingin dirimu dengan aku," kata Elsanita sambil meludah didalam videonya.

Baca Juga: Siswi SMP Ini Dicabuli Pria Dewasa Usai Mandi di Mata Air

Kemudian, dan video Elsanita kembali mengungkapkan "Ini he, istrinya Bapak Presiden, Ibu Negara. Elsanita, orang Raha, orang Muna, orang Kendari. Cantik toh, bandingin sama Iriana,".

"Iriana sudah mati bulan, makannya makan hati terus dia sama saya, sedangkan presiden dia klepek-klepek sama aku," tambahnya.

Postingan Elsanita di akun Twitter @Gembul99999, dikomentari oleh anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming.

“Santai,” tulis akun Twitter @gibran_tweet yang merespon postingan @Gembul99999. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Musdar

Baca Juga