Safari Politik, KSK Yakinkan Elit Buton Raya Maju Pilgub Mendatang

Muhamad Surya Putra, telisik indonesia
Kamis, 07 Oktober 2021
0 dilihat
Safari Politik, KSK Yakinkan Elit Buton Raya Maju Pilgub Mendatang
Kery Saiful Konggoasa, salah satu kandidat bakal calon Gubernur Sultra. Foto: Ist.

" Tak hanya Umar dan La Bakry, tokoh-tokoh berpengaruh lainnya di Buton dan Baubau juga hadir di tempat itu "

KONAWE, TELISIK.ID - Safari politik kandidat calon Gubernur Sultra di Pilkada  2024 mendatang, Kery Saiful Konggoasa (KSK) baru-baru ini berusaha meyakinkan elit-elit formal Buton Raya.

Dengan sekali lawatan di tiga kabupaten di Buton Raya, yakni, Buton, Baubau dan Buton Selatan, KSK juga berhasil bertemu Bupati Buton, La Bakry, Wali Kota Baubau, AS Thamrin dan Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani termasuk mantan Bupati Buton, Umar Samiun.

Bahkan, kehadirannya dalam salah satu acara di Buton, KSK disambut dengan tarian adat.

"Inimi calon gubernur," ucap salah seorang di antara kerumunan warga yang menyambut.

Dalam lawatan tiga hari di Buton Raya, Kery lebih banyak menghabiskan waktu di Buton. Boleh jadi, berlama-lamanya KSK di Buton karena terkesan dengan sambutan Umar Samiun yang secara bersamaan di tempat itu juga hadir Bupati Buton, La Bakry.

Tak hanya Umar dan La Bakry, tokoh-tokoh berpengaruh lainnya di Buton dan Baubau juga hadir di tempat itu.

"Saya hadir untuk menyelami seperti apa aspirasi masyarakat Buton. Alhamdulillah, elit-elitnya memberi sambutan hangat atas kehadiran saya. Wakil Bupati Buton Utara juga hadir," ungkap Kery.

Dengan sambutan masyarakat Buton dan elit-elit formalnya, KSK mengaku kian bersemangat dalam perjuangannya menuju 01 Sultra.

Kata dia, penyemangat di Buton bukan hanya sambutan elitnya yang ramah dan sungguh-sungguh, tapi juga reaksi masyarakat di sepanjang jalan antara Labuan, Maligano, Kapontori, Baubau hingga Buton Selatan.

"Sepanjang jalan, terdengar teriakan, KSK,KSK,KSK," teriak masyarakat sekitar.

"Sampai-sampai, saya tidak tutupmi kaca mobil. Mereka lihat iring-iringan mobil langsung angkat tangan dan berteriak KSK. Sebagian di antaranya terpaksa saya harus turun silaturahmi dengan masyarakat," katanya.  

Di hadapan tokoh-tokoh Buton Raya, Kery Saiful Kongggoasa mengingatkan tonggak dan sejarah terbentuknya Sulawesi Tenggara.

Kata dia, Sultra ini terbentuk dengan empat pilar utama yakni, Buton, Muna, Konawe dan Kolaka.

Baca Juga: BNNP Sultra Gelar Workshop Pegiat P4GN di Instansi Pemerintah

Baca Juga: Soal Penarikan Mobil Sepihak, Ini Jawaban Kacab Adira Baubau

Dengan kemajuan dan perkembangan masyarakat, Sultra yang awalnya hanya empat kabupaten menjadi 17 kabupaten/kota.

"Walaupun kita sudah terbagi dalam 17 kabupaten kota, tapi empat pilar utama tak boleh dilupakan," cetusnya.

Ia menjelaskan, kita semua satu dan saudara. Dari catatan sejarah, antara Konawe dengan Halu Oleo-nya, Buton dengan Murhum-nya, dan Muna dengan La Kilaponto-nya tak bisa dipisahkan.

Kekuasaan di Sultra ini harus dibangun bersama. Siapapun putera terbaik Sultra yang akan bertarung di Pilgub nanti, silahkan karena semua itu Allah yang menentukan.

"Saya datang di Buton ini untuk meminta doa dan restu bahwa satu anak daerah yang bernama Kerya Saiful Konggoasa akan maju sebagai calon gubernur," harapnya. (C)

Reporter: Muh. Surya Putra

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga