Sakit Kepala saat Puasa? Ini 5 Tips Jitu Mengatasinya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 13 Maret 2024
0 dilihat
Sakit Kepala saat Puasa? Ini 5 Tips Jitu Mengatasinya
Sakit kepala seringkali melanda seseorang saat berpuasa. Foto: Repro Freepik/Grazen Zigic

" Bagi beberapa orang dengan pola genetik tertentu, perubahan kecil dalam kadar gula darah dapat memengaruhi reseptor nyeri di otak. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala saat puasa "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah kesehatan yang seringkali melanda seseorang saat berpuasa adalah sakit kepala. Hal ini harus diatasi, sebab kalau dibiarkan maka akan mengganggu produktivitas sehari-hari.

Pada umumnya, dikutip dari jawapos.com, salah satu kemungkinan penyebab seseorang mengalami sakit kepala saat puasa adalah hipoglikemia, atau kadar gula darah rendah.

Bagi beberapa orang dengan pola genetik tertentu, perubahan kecil dalam kadar gula darah dapat memengaruhi reseptor nyeri di otak. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala saat puasa.

Melansir halodoc.com, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pusing ketika berpuasa:

1. Jangan melewatkan sahur

Sahur menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, makanan yang dikonsumsi selama sahur akan menjadi cadangan energi tubuh untuk satu hari penuh.

Baca Juga: 5 Tips Penuhi Asupan Nutrisi Anak saat Puasa

Maka dari itu, pilihlah makanan dengan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan serat. Dianjurkan pula untuk mengonsumsi vitamin untuk menambah pasokan energi.

2. Pastikan cairan tubuh tercukupi

Sakit kepala saat berpuasa biasanya terpicu karena kekurangan air putih. Maka pastikan baik saat berbuka maupun sahur untuk selalu minum banyak air putih. 

Hindari pula minuman berkarbonasi seperti soda dan alkohol karena keduanya dapat menyebabkan dehidrasi. Air putih dapat meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh kekurangan cairan dan tentunya membantu tubuh tetap segar.

3. Hindari sinar matahari

Panas dan terik matahari secara langsung meningkatkan risiko dehidrasi dan sakit kepala. Oleh karena itu, hindari berada di bawah sinar matahari secara langsung, terutama saat cuaca panas.

Jika harus beraktivitas di luar ruangan, gunakan perlindungan seperti topi atau payung, dan pastikan tubuh tetap terhidrasi.

4. Pilih makanan dengan kadar gula rendah

Selain kekurangan cairan, alasan lain sakit kepala terjadi ketika sedang berpuasa adalah fluktuasi kadar gula darah. Maka dari itu, pilih makanan dengan kandungan gula yang tidak begitu tinggi, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. 

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Atasi Kulit Kering saat Puasa

Hindari makanan atau minuman yang tinggi gula, seperti permen dan minuman bersoda, karena dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat yang diikuti dengan sakit kepala.

5. Lakukan meditasi

Meditasi dapat dilakukan untuk mengurangi stres dan ketegangan otot yang dapat menyebabkan sakit kepala. Dengan teknik relaksasi ini, tubuh pun cenderung lebih nyaman untuk beraktivitas. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit kepala ketika sedang berpuasa. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga