Salad Buah Segudang Manfaat, Cocok untuk Menu Berbuka

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 21 April 2022
0 dilihat
Salad Buah Segudang Manfaat, Cocok untuk Menu Berbuka
Salad buah susu. Foto: Repro Shutterstock

" Salad buah adalah makanan segar yang terbuat dari berbagai macam buah enak dan segar yang dicampur dengan bahan lain seperti yogurt, mayones, dan keju "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi kebanyakan orang, memilih berbuka dengan yang manis-manis seperti kolak, es teh, es jeruk, cendol, dan sebagainya adalah sebuah keharusan.

Namun tak sedikit dari menu tersebut banyak mengandung pemanis buatan, apalagi jika kita hanya membeli yang dijajakan oleh orang lain.

Salah satu alternatif menu berbuka puasa yang cukup menyehatkan adalah salad buah. Salad buah adalah makanan segar yang terbuat dari berbagai macam buah enak dan segar yang dicampur dengan bahan lain seperti yogurt, mayones, dan keju. Umumnya makanan ini dijadikan sebagai hidangan penutup yang lezat, atau jadi camilan sore.

Dikutip dari promag.id, manfaat salad buah antara lain :

1. Melancarkan Pencernaan

Selama puasa, banyak orang yang mengeluhkan masalah pencernaan, terutama sembelit. Hal ini disebabkan karena kebutuhan cairan tubuh yang tidak tercukupi, dan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi, merokok, dan kebiasaan menyantap gorengan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, selain mencukupi kebutuhan cairan, Anda disarankan rutin mengkonsumsi buah dan sayur. Banyak pakar sepakat jika kandungan serat dalam buah dan sayur dapat membantu pembentukan feses, sehingga dapat mencegah sembelit.

2. Sehatkan Jantung

Sayuran hijau dan buah-buahan merupakan dua makanan alami yang padat energi, dan dikemas dengan berbagai nutrisi. Di antara banyak manfaat spesial dari sayuran hijau dan buah-buahan adalah, efektif melancarkan peredaran darah dan menyehatkan jantung. 

Selain mengkonsumsi salad sebagai menu buka puasa, Anda juga bisa menggunakannya sebagai menu sahur. Namun ingat, pastikan tetap mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya, terutama sumber protein yang bisa didapat dari susu, telur rebus, daging merah tanpa lemak, dada ayam dan lainnya.

3. Menurunkan Berat Badan

Sudah jadi hal yang yang umum jika sayuran dan buah-buahan merupakan menu terbaik untuk pecinta diet. Kandungan seratnya yang tinggi, dan rendah kalori membuat keduanya efektif menjaga perut kenyang lebih lama, tanpa khawatir dengan masalah kalori berlebih. 

Selain itu, salad pun mengandung sejumlah bahan tambahan yang terbukti baik untuk memaksimalkan program diet dan menjaga kesehatan sistem pencernaan secara menyeluruh, seperti madu yang bisa dijadikan sebagai pemanis pada salad buah, cuka apel, saus kacang, dan lainnya. 

4. Menyehatkan Lambung

Salah satu masalah yang umum terjadi selama berpuasa adalah kenaikan asam lambung. Risiko ini akan melonjak tinggi jika Anda menjalankan gaya hidup dan pola makan yang buruk, seperti kebiasaan tidur setelah makan sahur, konsumsi gorengan, makanan tinggi gula, merokok dan stres. 

Baca Juga: 9 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit, Bisa Bikin Awet Muda

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengandalkan salad sebagai menu utama buka puasa. Kandungan serat dan nutrisi lainnya dalam salad tidak hanya menurunkan kadar asam lambung, tapi juga mampu mengendalikan produksi asam lambung, dan menjaga kesehatan lambung secara menyeluruh.

Melansir dari www.frisianflag.com, resep salad buah susu antara lain :

Bahan-bahan:

100 gr apel

100 gr anggur hijau

80 gr strawberry

80 gr anggur hitam

80 gr jeruk

1 buah pisang

120 ml whipping cream

50 gr cream cheese

1 sdm air jeruk lemon

50 ml susu kental manis Frisian Flag Full Cream Gold

Baca Juga: Makan Buah Pepaya Pas Sahur, Manfaatnya Luar Biasa

Cara membuat salad buah susu:

Masukkan whipping cream 120 ml ke dalam mangkok, krim keju 50 gr, Frisian Flag Susu Kental Manis Full Cream Gold 50 ml lalu aduk sampai merata, lalu masukkan air lemon 1 sdm ke dalam adonan lalu aduk.

Kemudian masukkan buah-buahan yang sudah dipotong-potong ke dalam mangkuk yaitu apel 100 gr, anggur hijau 100 gr, anggur hitam 80 gr, jeruk 80 gr, strawberry 80 gr, pisang 1 buah lalu tuang whipping cream tadi lalu aduk secara merata dan salad buah siap untuk dihidangkan. (C)

Reporter: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga