Saling Dorong, Pendemo Tolak TKA China Paksa Masuk Bandara

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Selasa, 14 Juli 2020
0 dilihat
Saling Dorong, Pendemo Tolak TKA China Paksa Masuk Bandara
Aksi saling dorong antara pendemo dan aparat. Foto: Hamka Dwi Sultra/Telisik

" Kami ingin masuk Bandara Haluoleo memeriksa data-data TKA apakah benar-benar tenaga ahli atau hanya buruh kasar, tapi kami dihadang oleh aparat Kepolisian. "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Demo penolakan TKA China kembali terjadi di perempatan Bandara Haluoleo, Desa Ambaipua, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sultra, pada Selasa (14/7/2020).

Hasil pantauan Telisik.id, aksi tersebut dimulai sekira pukul 19.30 Wita. Di mana aksi ini mengatas namakan Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) IAIN Kendari yang tergabung dari beberapa element mahasiswa di Sultra.

Sekira pukul 21.00 Wita, massa aksi memaksa masuk Bandara Haluoleo, aksi tersebut dihadang oleh aparat Kepolisian dan aksi saling dorong antara massa aksi dan aparat Kepolisian pun terjadi.

Informasi yang dihimpun, massa aksi yang memaksa masuk ke area bandara tersebut bertujuan untuk mengecek visa dan sertifikat tenaga ahli yang dipergunakan TKA untuk bekerja di Sultra.

Baca juga: Tolak TKA, Massa Aksi Sweeping Mobil Pelat Merah

"Kami ingin masuk Bandara Haluoleo memeriksa data-data TKA apakah benar-benar tenaga ahli atau hanya buruh kasar, tapi kami dihadang oleh aparat Kepolisian," ujar salah satu massa aksi, Ilham Nur Baco.

Karena tuntutan massa aksi tidak dipenuhi, sekira pukul 22.19 Wita, pengunjuk rasa masih bertahan dan terus berdemonstrasi di daerah tersebut.

"Kami hanya ingin memastikan TKA yang akan tiba di Bandara Haluoleo, jika tidak sesuai prosedural maka kami akan paksa pulangkan. Jika kami tidak diizinkan masuk kami akan blokir kendaraan yang keluar masuk Bandara Haluoleo," ancamnya.

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Kardin

Baca Juga