Saling Klaim Tanah Sengketa, Masyarakat Minta Penyelesaian di Tingkat Desa

La Ode Muh Martoton, telisik indonesia
Sabtu, 04 Maret 2023
0 dilihat
Saling Klaim Tanah Sengketa, Masyarakat Minta Penyelesaian di Tingkat Desa
Jajaran PJU Polda Sulawesi Tenggara saat menerima keluhan masyarakat Desa Wawatu dan Desa Tanjung Tiram terkait permasalahan sengketa tanah. Foto: Ist.

" Masyarakat Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan, meminta Polda dalam penyelesaian saling klaim tanah sengketa, dilakukan di tingkat desa "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Masyarakat Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan, meminta Polda Sulawesi Tenggara dalam penyelesaian saling klaim tanah sengketa, bisa dilakukan di tingkat desa.

Keluhan tersebut disampaikan masyarakat di sela-sela kegiatan Jumat Curhat Polda Sulawesi Tenggara yang dilaksanakan di meeting room PT. DSSP Power Kendari Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan, Jumat (3/3/2023).

Misterius Ragindo, Kasi Pemerintahan Kecamatan Moramo Utara meminta terkait permasalahan tanah baik sengketa maupun saling klaim dapat diselesaikan di tingkat desa dan Kecamatan Moramo Utara.

"Permasalahan tanah sengketa yang terjadi di Desa Tanjung Tiram telah dimediasi dan dapat diselesaikan di tingkat desa," pungkasnya.

Baca Juga: Masyarakat Curhat Soal Calo Seleksi Masuk Polisi ke Wakapolda

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Dirintelkam Polda Sulawesi Tenggara, Kombes Pol Nanang Rudi Supriatna menyampaikan, jika ada permasalahan yang terjadi, segera dikomunikasikan dengan Polsek Moramo Utara.

"Untuk dikoordinasikan dan dilaporkan ke Polsek Moramo Utara sehingga permasalahan kamtibmas dapat segera diantisipasi," ujarnya.

Baca Juga: Ada Jumat Curhat di Polda Sulawesi Tenggara Guna Dekatkan Diri ke Masyarakat

Sementara Kapolsek Moramo Utara, Iptu Erwan mengatakan, terkait permasalahan tanah sengketa di Kecamatan Moramo Utara telah dilakukan mediasi. Belum ada kesepakatan karena tidak adanya persamaan persepsi terkait kompensasi perusahaan kepada masyarakat yang terdampak.

Untuk diketahui, kegiatan Jumat Curhat tersebut dihadiri oleh Kapolda Sulawesi Tenggara Irjen Pol. Teguh Pristiwanto, Irwasda Polda Sulawesi Tenggara, PJU, jajaran Direksi PT. DSSP Power Kendari, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh agama Desa Wawatu dan Desa Tanjung Tiram.

Kegiatan Jumat Curhat bersama Polda Sulawesi Tenggara ini merupakan program Polri yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan tujuan menerima keluhan, saran dan informasi maupun keinginan dari masyarakat. (A-Adv)

Penulis: La Ode Muh Martoton

Editor: Haerani Hambali 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga