Sambut HDKD, Kemenkumham Sulawesi Tenggara Gelar Donor Darah

Ana Pratiwi, telisik indonesia
Selasa, 18 Juli 2023
0 dilihat
Sambut HDKD, Kemenkumham Sulawesi Tenggara Gelar Donor Darah
Pelaksanaan donor darah, Menyambut peringatan HDKD ke-78 Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Menyambut Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-78 tahun 2023, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara menggelar donor darah "

KENDARI, TELISIK.ID - Menyambut Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-78 tahun 2023, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sulawesi Tenggara menggelar donor darah di aula II Kanwil.

Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian (Kabid Zinfokim), Azwar Anas selaku ketua panitia penyelenggara donor darah berharap agar kegiatan kemanusiaan ini terus berlanjut dan dapat memberi dampak positif bagi masyarakat Sulawesi Tenggara.

“Kegiatan donor darah ini disarankan karena kemanusiaan," jelasnya.

Azwar mengatakan, darah yang terkumpul akan disumbangkan untuk masyarakat yang membutuhkan darah melalui PMI, ataupun rumah sakit yang ada di Kota Kendari dan sekitarnya.

Baca Juga: Tingkatkan Layanan Kesehatan, RSU Bahteramas Sulawesi Tenggara Tambah Alat CT-Scan

Azwar mengungkapkan, dari hasil donor darah tersebut, jajaran Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara menyumbangkan 45 kantong darah dengan rincian 17 golongan darah A, 11 golongan darah B, 14 golongan darah O, dan 3 golongan darah AB.

"Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan laboratorium oleh PMI Sultra dan akan didistribusikan pada pasien yang membutuhkan," pungkasnya.

Salah satu pendonor, Wira Nanda mengatakan, dirinya sangat mendukung program donor darah dalam rangka memperingati HDKD ke-78.

"Semoga nanti ada kegiatan sosial lainnya untuk bisa membantu masyarakat yang membutuhkan," jelasnya.

Wira mengatakan, dirinya merupakan Polisi Khusus Pemasyarakatan (Polsuspas) di Rutan Kelas IIB Unaaha.

"Tadi saya berangkat dari Unaaha bersama rekan-rekan yang lain untuk turut serta dalam kegiatan donor darah ini," ucapnya.

Kegiatan ini diikuti oleh Plh. Kepala Kantor Wilayah, Sjachril bersama jajaran pegawai Kantor Wilayah dan juga pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) baik Pemasyarakatan maupun Imigrasi dalam Kota Kendari. Sedangkan untuk luar Kota Kendari, dilaksanakan di UPT masing-masing.

Baca Juga: Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara Launching Aplikasi SILILABA

Melansir dgip.go.id, peringatan HDKD 2023 mengusung tema "Kemenkumham Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju" menjadi semangat dalam meyakinkan publik bahwa Kemenkumham semakin berkualitas serta berkomitmen untuk mendukung agenda nasional guna mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Persiapkan, rencanakan, dan laksanakan dengan baik dan sederhana, saling mendukung dan sinergi dalam semangat kebersamaan agar rangkaian kegiatan berjalan dengan sukses dan sesuai harapan,” ujar Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward O. S. Hiariej.

Rangkaian peringatan HDKD dilakukan dengan berbagai kegiatan, seperti bakti sosial serta pertandingan olahraga dan seni. Kemenkumham juga akan melaksanakan pelayanan publik, di antaranya pameran karya Warga Binaan Pemasyarakatan, pelayanan AHU online, pelayanan kekayaan intelektual online, pelayanan paspor, pelayanan hukum, pelayanan bisnis dan HAM, hingga acara puncak pada Hari Kemenkumham (HDKD) ke-78 pada 19 Agustus 2023 mendatang. (A-Adv)

Penulis: Ana Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga