Sambut Kemeriahan Pariwisata Halo Sultra 2024 di Malam Puncak Perayaan HUT ke-60 Sulawesi Tenggara

Riksan Jaya, telisik indonesia
Rabu, 24 April 2024
0 dilihat
Sambut Kemeriahan Pariwisata Halo Sultra 2024 di Malam Puncak Perayaan HUT ke-60 Sulawesi Tenggara
Berbagai makanan khas dari daerah se-Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Pameran Halo Sultra 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, akan menampilkan berbagai pertunjukan seni, makanan khas, dan produk unggulan dari masing-masing daerah "

KENDARI, TELISIK.ID - Pameran Halo Sultra 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara, akan dilaksanakan pada 27 hingga 30 April 2024, di kawasan Eks MTQ Kendari dan akan dibuka secara resmi oleh Penjabat (PJ) Gubernur Andap Budhi Revianto.

Kegiatan Pameran tersebut akan menampilkan berbagai pertunjukan seni, makanan khas, dan produk unggulan dari masing-masing daerah 17 kabupaten kota di Sulawesi Tenggara, serta juga akan diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sambutan tertulis Pj Gubernur yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan dan Perhubungan, La Ode Saifuddin, menyampaikan bahwa dalam perputaran transaksi di kegiatan pameran produk di Halo Sultra 2024 bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan UMKM yang terlibat.

“Saya juga berharap produk yang dihasilkan dan dipamerkan ini dapat menjaring respons positif dari masyarakat lokal Sultra serta akan tercipta transaksi yang besar hingga akhir kegiatan ini nantinya,” ujarnya saat pembukaan Pekan Produk Unggulan 2024 Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (23/4/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio, menyampaikan bahwa kegiatan Halo Sultra 2024 ini akan menjadi ajang untuk menampilkan produk dan jasa yang dihasilkan bagi seluruh kabupaten, kota dan OPD di Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Dispar Sulawesi Tenggara Launching Kalender Event dan Buka Lomba Cipta Branding Pariwisata 2024, Simak Jadwalnya

“Dalam pameran produk unggulan daerah ini nantinya, akan menampilkan produk berupa jasa dan barang-barang yang memiliki keunikan dan ciri khas yang ada dan tersebar di jazirah Sultra,” terangnya, Senin (22/4/2024).

Asrun Lio menjelaskan bahwa pada kegiatan ini, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akan menjadi bintang utama event, sekaligus sebagai sarana mempromosikan produk barang dan jasa Sulawesi Tenggara di tingkat nasional hingga internasional.

Tarian Alionda Khas Kulisusu. Foto: Ist.

 

“Produk unggulan yang akan ditampilkan itu adalah hasil dan kerja keras dari UMKM. Melalui ajang pameran ini, UMKM dapat lebih meningkatkan produk-produknya sehingga dapat bersaing di pasar nasional maupun mancanegara,” ujarnya.

Sebagai daerah sentral di Nusantara, Asrun Lio mengungkapkan bahwa tujuan diadakan kegiatan Halo Sultra 2024, sebagai sarana motivasi bagi pemerintah dan masyarakat untuk mendorong percepatan pembangunan dan kemajuan di Sulawesi Tenggara ke depannya.

“Tema yang kita angkat menjadi motivasi ke depannya, bahwa untuk menjadi daerah yang maju dan modern, kita harus terus bergerak dan berbuat. Sebaliknya, jika kita berpangku tangan saja, maka kemajuan itu hanya angan-angan, maka dari itu mari kita bersama-sama membangun Sultra menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Kegiatan Halo Sultra 2024 akan menjadi ajang untuk menampilkan produk dan jasa yang dihasilkan seluruh kabupaten, kota dan OPD di Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

Salah satu daerah peserta pameran yang sudah sangat mempersiapkan diri dalam mengikuti kegiatan Halo Sultra 2024, yakni pemerintah Kabupaten Buton Utara. Sekda Buton Utara, Muhammad Hardhy Muslim menyampaikan bahwa sudah ada produk unggulan yang akan dipamerkan mulai dari souvenir hingga makanan dan minuman.

“Produk unggulan Butur yang akan ditampilkan yaitu minyak tawon, kopi Butur, jambu mente, madu, VCO, gula aren, stik kepiting, stik kelor, sambal katapai, peye embul, mete coklat, mete original, mete gula merah, kripik oblong, kripik singkong, kripik pisang original, kripik pisang halua, tas anyaman, plakat kayu, kain tenun, replika kapal bahan kayu, gantungan kunci dan paper bag,” sebutnya, Jumat (19/4/2024).

Baca Juga: Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara Gelar Ramadan Fair, Pembukaan Menuju Halo Sultra

Tujuan Pekan Produk Unggulan ini adalah mendorong perkembangan UMKM untuk meningkatkan kualitas produk dan menampilkan inovasi yang lebih baik sehingga mampu bersaing di pasar yang makin kompetitif.

Selain itu, Asrun Lio Mengungkapkan, dalam event Halo Sultra 2024, dirangkaikan juga lomba olahraga yang dikuti oleh seluruh OPD di Sultra sebagai pesertanya.

"Kita sudah bersurat ke daerah-darah untuk menyampaikan ke publik bahwa kita sudah enam puluh tahun. Ada kegiatan perlombaan dan pertandingan OPD di antaranya futsal, bulu tangkis, tenis meja, dan catur," imbuhnya. (A-Adv)

Penulis: Riksan Jaya

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga