Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan Kota Baubau Jelang Idul Adha, Ada Apa?

Harjum Ntry, telisik indonesia
Senin, 19 Juli 2021
0 dilihat
Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan Kota Baubau Jelang Idul Adha, Ada Apa?
Sampah yang menumpuk di pinggir jalan. Foto: Harjum Ntry/Telisik

" Ratusan petugas kebersihan tersebut mendatangi DLH Kota Baubau menuntut agar tuntutan mereka segera terpenuhi "

BAUBAU, TELISIK.ID - Aksi mogok kerja petugas kebersihan di Kota Baubau, tuai penumpukan sampah di pinggiran jalan.

Dampak aksi mogok kerja oleh petugas kebersihan, tampak sampah menumpuk dan berserakan di beberapa area jalan di wilayah Kota Baubau.

Aksi mogok kerja para petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) ini didasari oleh pemberian THR yang tak kunjung diberikan oleh dinas terkait dan tak ada kepastian.

Ratusan petugas kebersihan tersebut mendatangi DLH Kota Baubau menuntut agar tuntutan mereka segera terpenuhi.

Namun hari ini, Senin (19/7/2021), tuntutan para petugas kebersihan ini telah dipenuhi, yakni pemberian THR.

Salah satu petugas kebersihan, Ambrin Dili (40) mengatakan, tuntutan hari ini telah dipenuhi dan sementara disalurkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Baubau.

"Ya sudah di selesaikan tadi, aman. Kalau buruh pengangkut Rp 600 ribu dan supir Rp 675 ribu," kata Ambrin Dili kepada Telisik.id, Senin (19/7/2021).

Dari data yang dihimpun, terakumulasi 359 petugas kebersihan telah disalurkan upah lemburnya, yakni 199 pengangkut sampah dan 160 orang petugas penyapu jalan.

Sementara itu, DLH melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah, Ode Jafarjo Nona  menjelaskan, tuntutan para petugas kebersihan ini terkait THR, sementara THR tidak diberlakukan lagi.

"Mereka tuntut THR, sementara THR sudah terhapus, tidak ada THR lagi," katanya.

Lebih lanjut, kata Ode Jafarjo Nona, kalau 2 atau 3 tahun lalu memang masih ada dikatakan THR, karena anggaran masih ada. Namun saat ini kebijakan itu sudah terhapus, dan sekarang diganti dnegan upah lembur.

"Jadi lembur itu kerja dulu baru dibayarkan. Dan yang dibayarkan sesuai dengan yang dikerjakan," jelasnya.

Baca Juga: Pemudik yang Balik ke Kota Kendari Wajib PCR

Baca Juga: Terbakar, Begini Kondisi Pasar Sentral Kendari

Terkait sampah di jalan yang menumpuk, Ode Jafarjo Nona menambahkan, sampah di jalan ini kalau bisa sebentar akan disisir oleh para petugas kebersihan.

"Sampah di jalan ini kalau bisa sebentar dia akan sisir ini, adapun kekuatan penuh tidak full semuannya, kerena besok masih lebaran," tambahnya.

Pada saat Lebaran Idul Fitri lalu, para petugas mendapat libur selama 2 hari. Sedangkan lebaran Idul Adha liburnya cuma 1 hari. Sehingga diperkirakan hari Rabu sudah akan berjalan normal seperti biasa.

"Kami harap kedepannya agar anggota petugas kebersihan dapat menjalankan tugas seperti biasa. Dan jangan lupa menjaga kesehatan diri, terlebih kita di tengah pandemi," tutupnya. (B)

Reporter: Harjum Ntry

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga