Sandiaga Uno Sebut Harga Tiket Pesawat Kini Turun 15 Persen

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 30 Agustus 2022
0 dilihat
Sandiaga Uno Sebut Harga Tiket Pesawat Kini Turun 15 Persen
Menteri Sandiaga Uno saat memaparkan materinya di sebuah pertemuan. Foto: Dok ASI

" Dengan penurunan harga tiket pesawat, menjadi angin segar bagi industri pariwisata "

JAKARTA, TELISIK.ID - Harga tiket yang sempat mengalami kenaikan beberapa hari terkahir, kini terjadi penurunan hingga 15 persen.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di akun Instagram pribadinya @sandiuno.

Ia mengatakan, dengan penurunan harga tiket pesawat menjadi angin segar bagi industri pariwisata.

“Good news teman-teman, jadi berkat doa dan kerja sama kita, harga tiket pesawat turun 15 persen, dan menjadi angin segar bagi industri pariwisata, Alhamdulillah,” kata Sandiaga, dikutip dari Kompas.com, Selasa (30/8/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, hal ini tidak lepas dari upaya dan kerja keras Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN.

Baca Juga: Syarat dan Kriteria Penerima Subsidi Gaji Rp 600 Ribu

Olehnya itu, pihaknya juga sangat mengapresiasi upaya tersebut, dan diharapkan beberapa maskapai bisa menambah jumlah armada dan rute menjelang musim liburan, atau peak season.

“Maskapai penerbangan dengan cepat menambah armada mulai dari Garuda Indonesia, dan Citilink, hingga Lion Group, dan berbagai maskapai luar negeri juga ikut mendukung. Sehingga harga tiket pesawat, kita harapkan akan lebih terjangkau memasuki masa-masa peak season dan akhir tahun,” jelas dia.

Sandiaga juga mendorong adanya penambahan rute penerbangan baru. Hal ini menurut Sandiaga, kenaikan harga tiket pesawat sebelumnya dalam kurun waktu yang cukup lama berpotensi menurunkan kunjungan wisatawan.

“Ini harus kita hindari, dan saya berharap ini menjadi momentum kebangkitan (pariwisata) kita. Sekarang yang mau healing dan refreshing tidak perlu pening,” tegas dia.

Baca Juga: Maju Pilpres 2024, Menteri Kabinet Jokowi Wajib Mundur

Sebelumnya, Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, pemerintah melalui BUMN telah menyiapkan formula untuk menstabilkan harga tiket pesawat yang belakangan ini mengalami kenaikan.

Pasalnya, menurut dia, harga tiket pesawat menjadi salah satu komponen penting dalam pengendalian inflasi.

"Kemarin saat Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022 di Istana Negara, Bapak Presiden secara tegas meminta agar harga tiket pesawat dapat distabilkan karena ini penting dampaknya bagi pengendalian inflasi kita," ujar Erick di Jakarta, dikutip dari Suara.com, Jumat (19/8/2022). (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga