Sandiaga Uno Ungkap Alasan Prabowo Gabung ke Pemerintahan Jokowi

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Rabu, 12 Februari 2020
0 dilihat
Sandiaga Uno Ungkap Alasan Prabowo Gabung ke Pemerintahan Jokowi
Sandiaga Uno (tengah) saat berada di Kota Kendari. Foto : Muhammad Israjab/Telisik

" Terutama ada beberapa tantangan di masalah perekonomian kita, tantangan dari segi polarisasi kemudain tantangan yang terjadi di Papua. Sehingga kami (Gerindra) memutuskan bahwa, bergabung bersama pemerintah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Saat bertemu dengan simpatisan dan juga kader Partai Gerindra di Kota Kendari, Wakil Ketua DPP Partai Gerindra, Sandiaga Salahudin Uno mengungkapkan alasan mengapa, Prabowo Subianto mau bergabung ke pemerintahan Joko Widodo saat ini.

Sandiaga menjelaskan bahwa, faktor utama bergabungnya Prabowo ke dalam pemerintahan jokowi adalah untuk menjaga keutuhan bangsa agar tidak terjadi perpecahan antar bangsa.

Baca Juga : Zulhas Kembali Terpilih, Kongres PAN Ditutup

"Saya ingin sedikit memberikan penjelasan dan menyampaikan sedikit pemikiran. Memang pada awalnya, setelah proses sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), keputusan kita adalah menghormati proses demokrasi tersebut," ungkap Sandiaga, Senin (10/2/2020).

Kemudian setelah keputusan tersebut kubu dari prabowo, tetap setia dan menjadi kekuatan di luar pemerintahan untuk menjadi check dan balance (seimbang). Menjadi masukan yang konstruktif, sebagai pihak yang belum dipilih oleh rakyat Indonesia.

Baca juga : Mitos PAN Terbantahkan di Kongres Ke V

Seiring berjalannya waktu, dan selalu melakukan pertemuan, Bang Sandi sapaan akrabnya mengatakan bahwa, adanya perkembangan potensi yang bisa memecah belah keutuhan bangsa. 

"Terutama ada beberapa tantangan di masalah perekonomian kita, tantangan dari segi polarisasi kemudain tantangan yang terjadi di Papua. Sehingga kami (Gerindra) memutuskan bahwa, bergabung bersama pemerintah," ujarnya.

Ini terbukti dua kader Gerindra sudah ikut bergabung dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Yaitu Prabowo sebagai Mentri Pertahanan dan Edhy Prabowo sebagai Mentri Kelautan dan Perikanan.

Sandiaga Uno berpendapat bahwa, ini adalah bagian dari realita, dinamika politik. Ini bagian dari tujuan Gerindra untuk terus berjuang memperjuangkan tiga hal. Baik itu swasembada pangan, swasembada energi dan kedaulatan politik, kesatuan bangsa dan pertahanan negara.

Baca Juga : Tingkatkan Pengawasan, Bawaslu Siap Rekrut 150 Panwas Kelurahan/Desa

"Sehingga atas dasar itulah Prabowo ingin bergabung ke pemerintahan. Kita disini sangat unik, karena kader-kader ikut berjuang untuk sebuah perubahan. Sehingga dengan bergabung ke pemerintah, kita sudah memiliki tanggungjawab," katanya.

Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga