Sanimowala, Program Pemkab Muna yang Mulai Diabaikan Kepala OPD

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 07 Juli 2022
0 dilihat
Sanimowala, Program Pemkab Muna yang Mulai Diabaikan Kepala OPD
Kegiatan Sanimowala di area Sarana Olahraga La Ode Pandu setiap hari Minggu. Foto: Ist.

" Program Bupati Muna, LM Rusman Emba dengan brand Sanimowala mulai diabaiakan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) "

MUNA, TELISIK.ID - Program Bupati Muna, LM Rusman Emba dengan brand Sanimowala (sunday, morning, mari berolahraga, berwisata, berinovasi, beribadah dan bersilahturahmi) mulai diabaiakan oleh organisasi perangkat daerah (OPD).

La Ode Dyrun, anggota DPRD Muna, sangat menyayangkan kepala OPD tidak terlibat langsung dalam kegiatan tersebut. Padahal kata dia, Sanimowala merupakan program Bupati LM Rusman Emba.

"Kita sangat sayangkan sekali. Awal launching semangatnya luar biasa. Begitu berjalan, hanya dua kali kepala OPD mengikuti kegiatannya," ungkap Dyrun, Kamis (7/7/2022).

Politisi Golkar itu meminta bupati agar lebih tegas pada kepala OPD untuk terlibat aktif dalam kegiatan Sanimowala. Karena kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi daerah dengan menyajikan berbagai macam aktivitas seperti kegiatan religi, olahraga, ekonomi masyarakat, diskusi, dan aplikasi yang terpusat pada satu tempat.

"Kepala OPD dan stafnya harus menghidupkan kembali Sanimowala. Jangan anggap sebagai kegiatan seremonial, ini jelas kebijakan bupati," terangnya.

Baca Juga: Kadispora Buton Desak DPRD Segera Bahas APBD-P 2022

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Muna, Syahrir mengaku, kegiatan Sanimowala terus berjalan setiap akhir pekan (hari Minggu). Hanya saja, Ia berharap ada keterlibatan OPD.

"Paling tidak, saat salat subuh yang dialnjutkan dengan rapat kecil-kecilan," katanya.

Baca Juga: Gubernur Bantu Rp 40 Miliar Pembangunan Masjid dan Bumi Praja Laworoku Muna Barat

Mantan Kepala Bappeda itu menerangkan, Sanimowala merupakan suatu inovasi yang bertujuan untuk peningkatan nilai-nilai ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat, penjaringan inovasi, peningkatan kesegaran jasmani, peningkatan jumlah wisatawan dan berbagai hal positif untuk kemajuan daerah.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menegaskan, kepala OPD agar setiap pekannya terlibat langsung dalam kegiatan Sanimowala. Ia akan memantau langsung.

"Ada yang akan ditugaskan untuk memantau dan laporannya langsung ke saya dan Pak Wakil," ujarnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga