Sapi di Kolaka Utara Meresahkan Sering ke Badan Jalan dan Taman Kota

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 12 April 2024
0 dilihat
Sapi di Kolaka Utara Meresahkan Sering ke Badan Jalan dan Taman Kota
Ternak sapi di Kolaka Utara resahkan warga kerap berkeliaran di taman kota dan badan jalan. Foto: Hasil tangkap layar

" Belasan ekor ternak sapi terekam video warga sedang asik merumput di Taman Kota Lasusua, tepatnya jalan umum jalur By Pass Lasusua-Tobaku, Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Belasan ekor ternak sapi terekam video warga sedang asik merumput di Taman Kota Lasusua, tepatnya jalan umum jalur By Pass Lasusua-Tobaku, Kolaka Utara.

Sebagian ternak sapi dengan nama ilmiah Bos Taurus tersebut, turut menjadikan tanaman hias di Taman Kota Lasusua sebagai santapannya.

Melalui akun Facebook Enziel Speed dalam unggahan video tersebut, ia meminta pemilik ternak untuk mengandangkan hewan peliharaan mereka agar tidak merusak fasilitas yang ada di taman kota.

"Tanpa mengurangi rasa hormat yg puxa sapi ini tolong d kandangkan baik2,,,,cx sdh merusak fasilitas yg ada,,,,semua tanaman bunga nnt habis d taman inie krn sapix d bebas liarkan,,,," tulisnya, Jum'at (12/4/2024).

Baca Juga: Gelar Salat Idul Fitri di Masjid Agung, Pj Bupati Kolaka Utara Ajak Warga Jaga Persatuan Bangsa

Pemilik akun Enziel Speed turut meminta Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Sat-Pol PP) melakukan penertiban.

"Tabe penanganan pihak Kolaka Utara Satpolpp," lanjutnya.

Postingan video tersebut pun menuai komentar beragama dari para netizen.

"tadi dari tobaku sy liat ini sapi, banyakx berkeliaran. Hhhmmm merusak lingkungan," komen akun Facebook Besseasizpenge.

"Biasanya cuma didesa kita liat sapi bnyak,ini sdh ada di kota yg di hiasi pemandangan sapi yg merusak fasiltas kota.bahkan berak sembarangan tempat dan sesekali menggangu pengguna jalan," tulis akun Facebook lainnya, Andi Ismail.

"Keluhannya jg petani coklat, Kayaknya blm ad tindkn, harusnya gmn yah?," ucap akun mahkarim karim.

Sementara pemilik akun facebook Andi Waru Armila menyentil anggota legislatif Kolaka Utara yang menurutnya tidak bisa menyelesaikan keluhan masyarakat terkait sapi liar.

"Banyakx anggota DPR ndd bisa tangani ini mslh sapi mslhx ini keluhan masyarakat," tulisnya.

Selain merusak tanaman warga dan taman kota, ternak sapi yang kembali menjamur belakangan ini kerap masuk ke badan Nalan Bypass Lasusua-Tobaku. Hal itu berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas bagi pengendara roda empat dan pengendara motor.

Baca Juga: BLUD Rumah Sakit Djafar Harun dan Puluhan Rumah di Kota Lasusua Terendam Banjir

"Sudah beberapa kali hampir jatuh dari motor gara" sapi tinggal di tengah jalan kalau malam di tempat yang tidak ada penerangan jalan (harusnya di kandang itu sapi)," komen akun Facebook Sabar Zhoel.

Sebelumnya, anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Kolaka Utara, Surahman melontarkan kritikan pedas kepada Pemkab Kolaka Utara atas tidak berjalannya lima peraturan daerah (Perda) Kolaka Utara, salah satunya Perda Nomor 11 Tahun 2018 tentang Ketertiban Umum.

Ia mengatakan, mestinya Perda sudah diterapkan sejak pertama kali diterbitkan. Namun, faktanya tidak demikian, justru Perda ini hanya menggerogoti keuangan daerah karena setiap pembuatan satu Perda saja menghabiskan anggaran Rp 1 Miliar.

"Kalau tidak diterapkan sia-sia. Contoh, Perda Nomor 11 tahun 2018 tentang ketertiban umum. Bisa dilihat saat ini di jalur Bypass Lasusua-Tobaku banyaknya ternak sapi yang berkeliaran membahayakan pengguna jalan. Harus ditertibkan, perdanyakan sudah ada," tegasnya. (B)

Penulis Muh. Risal H

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga