SAR Hentikan Pencarian Nelayan Hilang di Perairan Buton Selatan

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Kamis, 23 Januari 2020
0 dilihat
SAR Hentikan Pencarian Nelayan Hilang di Perairan Buton Selatan
Tim SAR gabungan menghentikan pencarian nelayan hilang di perairan Buton Selatan. Foto : Istimewa

" Mengingat operasi SAR, telah memasuki hari ke tujuh, namun tidak ada tanda-tanda korban ditemukan. Berdasarkan hasil kesepakatan dengan pihak terkait, termasuk keluarga korban. Sehingga pukul 14.20 operasi SAR terhadap satu nelayan tersebut dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur yang terlibat di kembalikan pada kesatuannya masing-masing. "

KENDARI, TELISIK.ID - Tim SAR gabungan yang ada di Sulawesi Tenggara resmi menghentikan pencarian nelayan yang hilang La Ode Samiun (60), di antara perairan Batauga - Siompu Kabupaten Buton Selatan.

Pencarian korban yang dilakukan sudah memasuki hari ke tujuh sejak korban menghilang beberapa waktu lalu. Tim Rescue SAR Bau-bau sejak pagi tadi pukul 06.00, Kamis (23/1/2020), melanjutkan pencarian namun hingga sore belum menemukan korban.

Humas Basarnas Kendari Wahyudi menyatakan, hingga siang Tim SAR Gabungan akhirnya menghentikan pencarian korban.

"Mengingat operasi SAR, telah memasuki hari ke tujuh, namun tidak ada tanda-tanda korban ditemukan. Berdasarkan hasil kesepakatan dengan pihak terkait, termasuk keluarga korban. Sehingga pukul 14.20 operasi SAR terhadap satu nelayan tersebut dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur yang terlibat di kembalikan pada kesatuannya masing-masing," ujarnya.

Sebelumnya, SAR Baubau, Sulawesi Tenggara, menerima laporkan atas hilangnya nelayan tersebut pada Jumat (17/1/2020) pukul 10.30 Wita. Kemudian tim SAR Baubau diberangkatkan menuju lokasi kejadian dengan menggunakan satu unit RIB membawa peralatan pendukung keselamatan lainnya.

Nelayan tersebut dilaporkan hilang saat melaut untuk memancing di sekitaran Perairan Batauga hingga Siompu, Kabupaten Buton Selatan pada Jumat (17/1/2020) pukul 09.00 WITA.

Dalam pencarian korban melibatkan antara lain Rescuer Pos SAR Baubau, Polsek Batauga, BPBD Buton Selatan, Koramil Batauga, Brimob, Dinas Sosial Buton Selatan, Dinas Kelautan dan Perikanan Busel, Dinas Kominfo Busel dan Dinas Perhubungan Busel.

Baca Juga: Masyarakat Demo Polres Baubau

Sementara Alut yg digunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) Basarnas Kendari dan Rubber Boat Basarnas Kendari.


Reporter: Muhammad Israjab
Editor: Sumarlin

Baca Juga