Sarawak Incar Pasar Baru Wisatawan dari Jakarta, Balikpapan, Banjarmasin

Mustaqim, telisik indonesia
Selasa, 19 September 2023
0 dilihat
Sarawak Incar Pasar Baru Wisatawan dari Jakarta, Balikpapan, Banjarmasin
Wasekjen Asita Endang Ekasanti, Suriya Charles Buas Deputy Chief Executive Officer STB, Junus Suhid Director Malaysia Tourism Promotion Board, Hasrin Tengku Hussin Dubes Malaysia, Pauline Suharno Ketua Umum Astindo, dan Yusfida BT. Haji Khalid Deputy Chief Executive Officer STB pada peluncuran Roads

" Indonesia dijadikan sebagai salah satu target pasar potensial untuk menarik kunjungan wisatawan ke Sarawak, negara bagian Malaysia "

JAKARTA, TELISIK.ID – Indonesia dijadikan sebagai salah satu target pasar potensial untuk menarik kunjungan wisatawan ke Sarawak, negara bagian Malaysia. Karena potensi besar itu, Badan Wisata Sarawak atau Sarawak Tourism Board (STB) melakukan tur promosi ke tiga kota di Tanah Air sejak Senin (18/9/2023).

Tiga kota yang menjadi tujuan tur promosi wisata bagi STB adalah Jakarta, Balikpapan (Kalimantan Timur), dan Banjarmasin (Kalimantan Selatan). Tur promosi ini diselenggarakan oleh Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), Tourism Malaysia Jakarta, dan Association of Indonesian Tours, and Travel Agencies (ASITA and ASITINDO).

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Dato’ Syed Md Hasrin Tengku Hussin, mengapresiasi upaya promosi wisata yang dilakukan oleh STB ke Indonesia. Dia menilai, tur promosi wisata ini telah membantu memperkuat lagi persahabatan antara dua kota ikonis, Jakarta dan Sarawak.

“Kami menyambut para wisatawan untuk menjelajahi keindahan alam Sarawak, negeri warisan budaya yang kaya, dan pelayanan yang ramah,” ujar Dato’ Syed Md Hasrin yang bertugas di Jakarta sejak Februari 2023.

Ajakan untuk menikmati aneka wisata di Sarawak juga disampaikan oleh Junus Suhid, Direktur Badan Promosi Pariwisata Kementerian Seni, Budaya dan Pariwisata Malaysia, Kantor Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta.

Baca Juga: BMKG Ingatkan Pemerintah Daerah Risiko Jelang Musim Hujan

Junus mengatakan, Malaysia tidak hanya memiliki Kuala Lumpur yang menyediakan dan menawarkan beragam paket wisata. Dia menyebut Kuching, ibu kota Sarawak, juga tak kalah menarik.

“Banyak paket wisata yang bisa dinikmati (di Sarawak). Dari segi budaya, acara, kuliner, dan makanan agak berbeda (dengan Indonesia). Seafood di Kuching tidak kalah enak dengan yang di Jakarta,” kata Junus kepada wartawan di Jakarta, Senin (18/9/2023).

Dia berharap penerbangan Jakarta-Kuching semakin lancar. Saat ini jadwal penerbangan dari Jakarta ke Kuching dengan pesawat AirAsia melayani tiga kali dalam seminggu, yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Mengenai tur promosi dengan tujuan Balikpapan dan Banjarmasin, selain Jakarta, Junus tak menampik dua kota di Pulau Kalimantan itu punya potensi besar sebagai pasar baru untuk menggaet wisatawan berkunjung ke Sarawak.

Balikpapan dan Banjarmasin dinilai oleh Junus nantinya akan terus berkembang, apalagi sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.        

Baca Juga: Libur Nasional Isa Almasih Bakal Diganti Yesus Kristus

Sementara itu, Pemangku Kepala Eksekutif Lembaga Pelancongan Sarawak, Yusfida Khalid mengatakan, promosi langsung antara Jakarta, Balikpapan, Banjarmasin, dan Sarawak, sangat relevan dalam mendorong wisatawan Indonesia untuk datang dan mengunjungi Sarawak.

“Selain itu, konektivitas langsung yang tersedia oleh AirAsia memfasilitasi dan mempermudah perjalanan para wisatawan dari Indonesia datang ke Sarawak untuk mencari paket kesehatan atau wellness, liburan atau rekreasi, dan kerajinan tangan dari Sarawak dalam inisiatif pariwisata di wilayah ini,” urai Yusfida.

Sarawak telah mencatat pertumbuhan kunjungan yang pesat wisatawan dari Indonesia pada semester pertama tahun 2023. Yakni mencatat lebih 200.000 kedatangan dari semua titik masuk dari Januari hingga Juni 2023. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan lebih dari 46.000 wisatawan pada periode yang sama pada tahun 2022.

Badan Wisata Sarawak optimis bisa menyambut lebih banyak wisatawan Indonesia ke Sarawak untuk menikmati penawaran terbaik aneka destinasi wisata. Kalender kegiatan wisata yang akan datang di antaranya Sarawak International Dragon Boat Regatta (27-30 Oktober 2023), Sarawak Regatta (3-5 November 2023) dan perayaan malam tahun baru yang biasanya diadakan di Kuching. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga