Satgas COVID-19 Muna Susun Strategi Tangani Klaster Baru

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 25 Mei 2020
0 dilihat
Satgas COVID-19 Muna Susun Strategi Tangani Klaster Baru
Jubir Satgas COVID Muna, dr La Ode Ahmad Wahid Agigi (pakai batik paling kanan) bersama Bupati Bombana, Tafdil disuatu acara. Foto: Ist

" Kami akan segera melakukan pemetaan terhadap orang-orang terkait kluster Magetan dan Itjima Gowa. "

MUNA, TELISIK.ID - Tim Satgas COVID-19 Kabupaten Muna mulai menyiapkan langkah-langkah untuk menangani penyebaran virus pada dua klaster baru yaitu Magetan dan Itjima Gowa.

Strategi yang akan dilakukan adalah memfokuskan pemeriksaan pada orang-orang yang memiliki kontak sangat erat dengan dua pasien yang tengah menjalani isolasi di Rumah Sakit (RS) Raha. Bagi mereka yang kontak sangat erat langsung dilakukan swab dan kontak kurang erat melalui rapid test.

"Kami akan segera melakukan pemetaan terhadap orang-orang terkait klaster Magetan dan Itjima Gowa," kata dr La Ode Abdul Wahid Agigi, Jubir Satgas COVID-19 Muna.

Di samping itu pula, untuk klaster kapal Dorolonda, Ngapulu dan Sukabumi tetap menjadi perhatian serius kendati hasil rapid test maupun swab belum ada yang positif.

Baca juga: Obyek Wisata Ditutup Selama Libur Lebaran

"Kemungkinan untuk klaster Lambelu akan ditinggalkan, karena dari surveillance Puskesmas belum ada ditemukan positif," sebutnya.

Dalam beberapa hari terakhir, pihaknya menemukan ada tiga pasien rapid test COVID-19 reaktif saat akan mengambil surat keterangan kesehatan di RS untuk penyeberangan melalui kapal laut dan keberangkatan melalui pesawat.

"Dari realita itu, kami akan memperketat pintu penyeberangan dengan melakukan koordinasi KKP asal penumpang dengan mewajibkan menggunakan rapid test positif atau from screening zona merah," jelas Ketua IDI Muna itu.

Sampai saat ini, total pasien terkonfirmasi positif COVID-19 berjumlah tujuh orang dan tengah menjalani isolasi dalam rangka proses penyembuhan.

Reporter: Naryo

Editor: Rani

Artikel Terkait
Baca Juga